Wujudkan Keluarga Sakinah, Catin Ikuti Bimbingan Perkawinan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purbalingga – Melaksanakan salah satu tugas dalam membimbing umat Islam, selama dua hari Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Perkawinan untuk Calon Pengantin Angkatan I.

Kasi Bimas Islam Makhuri menjelaskan, kegiatan yang diikuti oleh pasangan pengantin dari 12 kecamatan ini diselenggarakan di Wisma Tien Catering Purbalingga pada 30 – 31 Oktober 2017 dengan mengundang  narasumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, MUI, tokoh pendidikan, tokoh agama,  tokoh masyarakat dan unsur Kementerian Agama.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali calon pengantin dalam mewujudkan keluarga  yang sakinah mawaddah warahmah, yang kokoh sehingga bisa lestari,” ungkap Makhfuri.

Ketua Panitia, Abdul Latip menjelaskan, kegiatan selama 2 hari ini sesuai dengan jadwal dimulai pukul 08.00  dan diakhiri pukul 17.00 dengan alokasi waktu kegiatan 18 jam. Materi yang diberikan meliputi: persiapan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah, pengelolaan dinamika perkawinan dan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi, mempersiapkan generasi berkualitas, mengelola konflik dan membangun ketahanan keluarga, serta pentingnya data kependudukan.

Terkait dengan banyaknya materi yang harus disampaikan seluruh narasumber dituntut agar mampu  menyampaikan materi dengan metode yang bervariasi seperti tanya jawab, diskusi, simulasi, serta studi kasus. “Selain itu juga ada pre-test, refleksi dan evaluasi serta post-test,” ujar Latip.

Ditambahkan Latif, setiap peserta memperoleh fasilitas berupa sertifikat, modul dan ATK. Modul yang diberikan merupakan terbitan Subdit Bina Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA & Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI Tahun 2017 dengan judul Fondasi Keluarga Sakinah Bacaan Mandiri Calon Pengantin. Selain itu peserta juga mendapat fasilitas makan siang, coffee morning dan coffee break  serta bantuan transportasi. Semua pembiayaan kegiatan ini bersumber dari Dana DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Seksi Bimas Islam.

Di akhir kegiatan, Panitia juga menyampaikan apresiasi atas keseriusan para peserta yang telah  mengikuti kegiatan sampai akhir dengan doa dan harapan agar seluruh peserta bimbingan dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh serta dapat mewujudkan keluarga baru yang sakinah mawaddah warahmah. (sar/gt)