Kasubbag TU : Siapkan Anak Didik Guna Menghadapi Ujian

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Jelang pelaksanaan ujian bagi kelas XII tingkat MA, SMA, dan SMK, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Fajarin meminta para Kepala Madrasah/Sekolah untuk mempersiapkan anak didik agar siap menghadapinya.

"Siapkan anak didik supaya benar-benar siap dalam menghadapi rangkaian ujian sehingga bisa lulus dengan baik". Hal tersebut Fajarin utarakan saat memberikan sambutan dalam acara seminar pendidikan pengembangan bimbingan konseling generasi milenial pada satuan pendidikan formal melalui pendekatan agama, Rabu (21/2) di Hotel Regina Pemalang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh IAIN Pekalongan sekaligus sosialisasi SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) IAIN Pekalongan. Kegiatan diikuti oleh Kepala dan Guru BK pada MA, SMA, SMK di Kabupaten Pemalang.

Bagi peserta didik yang telah lulus dalam menempuh ujian, Fajarin berharap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Adanya program SNMPTN maupun SPAN-PTKIN supaya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Fajarin melanjutkan, dalam rangka peningkatan akses mutu pendidikan, madrasah maupun sekolah bisa bermitra dengan perguruan tinggi. Untuk wilayah pantura bagian barat ada IAIN Pekalongan sebagai PTKIN yang telah menyediakan berbagai jurusan agama maupun umum.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Pekalongan Syaifuddin Zuhri menyebutkan IAIN Pekalongan telah bertransformasi lebih baik.

"IAIN harus mampu memenuhi tuntutan zaman milenial, sehingga masyarakat memandang IAIN bukan lagi IAIN yang dulu. Semoga forum silaturahmi ini menjadi forum yang sangat bermanfaat, jaringan kerjasama bisa terbangun dengan baik," jelas Saefudin.

Menurutnya, masa kelas XII merupakan masa yang kritis bagi peserta didik untuk menentukan pilihan masa depannya. Oleh karena itu, dia berharap peserta kegiatan bisa memberikan gambaran yang positif terhadap IAIN Pekalongan kepada peserta didik. (fi/rf)