081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Merayakan Syawal Dengan Makan Nasi Kembul Bejono

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Datangnya bulan syawal seringkali diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik. Begitu pula sejumlah warga Desa Mojo, Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Mereka memiliki cara unik untuk memperingati datangnya bulan syawal tersebut.

Rabu (20/6/2018), bertempat di rumah kreasi Mojo, nampak muda mudi yang melakukan kirab tumpeng. Tumpeng itu kemudian disandingkan nasi kembul bejono, begitu mereka menyebutnya. Nasi dengan berbagai lauk yang ditata diatas daun pisang memanjang. Warga yang datang pun kemudian duduk di dekat daun pisang tersebut.

Mereka kemudian memakan nasi kembul bejono itu bersama-sama. Tak ada yang nampak ragu, sebaliknya suka cita terlihat dari wajah para warga yang hadir tersebut. Semua orang pun makan bersama tanpa ada sekat sehingga menimbulkan sikap gayeng.

“Acara ini memang kami gelar sebagai harapan untuk menjaga persatuan saat bulan syawal. Kami prihatin jika di bulan baik ini justru ada yang mewarnainya dengan perkelahian,”terang Hengky Sutrisno perwakilan panitia acara tersebut.

Tak hanya makan bersama, acara itu juga diisi dengan beragam kesenian seperti penampilan tarian, tongtek, hingga qosidahan. Semua itu dilakukan untuk menampilkan bulan syawal yang penuh kedamaian, ujarnya.

Diharapkan acara itu dapat mempersatukan warga di saat syawalan dengan dikemas mengangkat budaya lokal. Selain untuk menjaga persatuan, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mengangkat budaya lokal. Nilai-nilai tersebut juga sesuai dengan harapan untuk menjaga negara kesatuan republik Indonesia (NKRI), paparnya.

“Kebetulan kegiatan ini digelar secara serentak di beberapa titik di Jawa tengah bersamaan mulai sekitar pukul 15.30 hingga 17.30,”ujarnya.

Oleh karena itulah mereka berupaya melakukan dengan hal yang paling dekat dan apa yang bisa dilakukan. Mereka tidak ingin lupa dengan apa yang ada di sekitar, tandas Hengky.
“Kegiatan ini pun diinovasi oleh warga bersama-sama. Mulai dari komunitas kere hore, seknas Jokowi Pati, komunitas lokal Mojo yang kemudian kami singkronkan dengan teman Jawa Tengah. Kami pun senang meski digelar di rumah kreasi Mojo tapi tak sedikit yang datang dari luar daerah bahkan dari Kecamatan Pucakwangi Pati,”tambahnya.(wp2-Am/bd)