081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Perkemahan Pramuka Madrasah akan Digelar di Purbalingga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purbalingga – Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga untuk pertama kali akan digelar pada awal tahun 2019. Hal tersebut disampaikan Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kabupaten Purbalingga, Sugeng Riadi pada rapat persiapan PPM Purbalingga 2019 di Aula Uswatun Hasanah, Selasa (09/10).

“Harapan dari PPM ini adalah syiar yang memunculkan dan menguatkan eksistensi madrasah di Kabupaten Purbalingga. Peserta PPM adalah para Pramuka Penggalang dari Gugus Depan yang berpangkalan  di Madrasah Ibtidaiyah. Setiap kecamatan akan mengirimkan 4 regu, terdiri dari 2 regu putra dan 2 regu putri,” jelas Sugeng.

Rangkaian kegiatan PPM, lanjutnya, sarat dengan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar dan lomba bagi Pramuka Penggalang. Keduanya sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta. Pengembangan diri dimaksud terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat.

Dalam rapat yang dihadiri 60 orang tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono, menyampaikan dukungan  penuhnya.

“Jika program PPM ini sudah menjadi kesepakatan bersama K3MI maka kegiatan ini legal menjadi program kerja. Apalagi program ini mempunyai tujuan yang bersinergi  dengan PMA Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah,” sambut Karsono.

“Ini adalah kesempatan bagus untuk membuat program sehebat-hebatnya di tingkat Kabupaten Purbalingga demi  mensyiarkan madrasah hebat, madrasah bermartabat,” tambahnya.

Persiapan Sudah Matang

Ketua Panitia PPM, Ikhwandi Arifin menjelaskan, tim inti yang dibentuk sudah membahas persiapan penyelenggaraan kegiatan PPM secara matang.

“Susunan kepanitiaan, jenis kegiatan dan segala yang berkaitan dengan PPM sudah kami bahas,  kami juga sudah melakukan survei. Direncanakan PPM akan digelar 3 – 6 Januari 2019 mendatang di Bumi Perkemahan Munjulluhur, desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari. Namun kita tetap menunggu konfirmasi dari kantor karena terkait dengan rangkaian kegiatan peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama,” jelas Ikhwandi. (sar/gt)