Meningkatkan Mutu Madrasah Melalui Kegiatan MGMP

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Kelompok kerja madrasah (KKMTs) 01 Pati menyelenggarakan Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) MTs se KKM Kecamatan Winong Pati, bertempat di ruang rapat MTs Negeri 1 Pati, Senin (04/2/2019).

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka Ketua KKMTs 01 Ali Musyafak, yang dalam sambutannya, mengharapkan agar keberadaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) diharapkan menjadi media bagi peningkatan dan pemantapan profesionalisme seorang pendidik, menyamakan persepsi, konsep, dan materi atau bahan ajar sehingga diperoleh peningkatan mutu mengajar, kreatifitas, maupun peningkatan kinerja seorang pendidik.

Ali Musyafak menyampaikan laporannya bahwa kegiatan MGMP ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru demi terwujudnya Visi dan Misi Madrasah dalam lingkup Kementerian Agama sehingga guru tidak mengenal kata berhenti untuk berinovasi dan berkreasi demi kemajuan peserta didik dalam proses pembelajaran.

“Keberhasilan proses pembelajaran adalah seorang guru hendaknya menguasai konten, melakukan perencanaan, penggunaan media, serta guru mampu melakukan pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik,” katanya.

Dia juga menjelaskan tentang pendidikan karakter yang menekankan pentingnya 3 komponen karakter yang baik, yaitu moral knowing atau pengetahuan tentang moral, moral feeling atau perasaan tentang moral dan moral action atau perbuatan bermoral.

“Hal ini diperlukan agar peserta didik mampu memahami, merasakan dan mengerjakan sekaligus nilai-nilai kebajikan yang merupakan karakter dari bangsa Indonesia,” papar Musyafak.

“Setelah kemarin menyelenggarakan bedah SKL bersama, sekarang ini menyelenggarakan MGMP 17 mapel secara serentak, ini bukti kesungguhan para pendidik yang harus kita wadahi dengan bijaksana. Semoga mutu proses dan mutu hasil di MTs se KKM 01 Pati dapat meningkat di tahun ini,” tambahnya penuh harap.

Salah seorang peserta MGMP, Murni mengungkapkan rasa senangnya dengan pelaksanaan MGMP ini oleh karena melalui kegiatan ini bisa melakukan sharing ide antar guru mata pelajaran dan ia berharap kegiatan tersebut berjalan secara berkelanjutan. (Am/Wul)