081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pramuka Menciptakan Generasi Peduli Lingkungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Dewan Ambalan Diponegoro-Kartini Gudep Grobogan 04.143 – 04.138 pangkalan MAN 1 Grobogan mengadakan kegiatan yang bertajuk perkemahan penerimaan pramuka penegak madrasah (P4M) Jumat – Sabtu (01-02/02). Perkemahan yang dilaksanakan dua hari tersebut diikuti seluruh siswa kelas X dan bertempat di MAN dan sekitarnya.

Pada kegiatan ini para peserta untuk mencintai lingkungan, baik lingkungan madrasah maupun lingkungan rumahnya dengan cara peduli pada kebersihan dan kerapihannya. Kepedulian membersihan sampah serta  membuangnya pada tempatnya. Lingkungan yang bersih dan rapi akan memberikan kenyamanan dalam belajar dan tentunya akan menjadi lingkungan yang sehat, demikian kata Kakak Pembina Endang.

“Para peserta kita ajak cinta dan peduli lingkungan dengan cara menjaga kebersihan dan kerapihan, membuang sampah pada tempatnya sehingga membuat nyaman untuk belajar dan hidup sehat,” jelas Endang.

Di samping itu lanjut Endang DL, kegiatan ini bertujuan untuk menerima tamu calon Penegak menjadi calon penegak di Gudep Grobogan 04.143 – 04.138, pada tahap berikutnya calon penegak akan dilantik menjadi penegak Bantara yang sebelumnya mengikuti serangkaian kegiatan, diantaranya melaksanakan uji SKU, membuat makalah dan mengikuti kegiatan pelantikan itu sendiri.

“Setelah ini peserta harus mengikuti uji SKU dan lainnya untuk dapat dilantik menjadi penegak Bantara,“ ungkapnya.

Plt MAN 1 Grobogan selaku Kamabigus Kak Ucik Rasulina pada saat membuka perkemahan mengatakan, para peserta diminta untuk mengikuti kemah ini dengan senang hati, karena pramuka itu menyenangkan dan bermanfaat,  mengikuti jadwal yang telah diprogramkan, serta untuk menumbuhkan rasa mencintai lingkungan, dengan membudayakan lingkungan bersih  dan sehat.

“Ikuti kegiatan ini dengan senang, karena pramuka menyenangkan dan bermanfaat, ikuti jadwal, dan jaga kebersihan,” kata Ucik.

Serangkaian kegiatan yang dijadwalkan diantaranya materi cinta lingkungan, survival, penanganan bencana, upacara api unggun, pentas seni, ibadah shalat wajib, qiyamul lail, dan penjelajahan. (mh-bd/gt)