Doa Bersama Wujud Indonesia Rukun

Pemalang – Menyambut Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama RI, Kankemenag Kabupaten Pemalang menggelar kegiatan doa bersama dan pendistribusian zakat profesi pada hari Rabu (30/12). Kegiatan dilaksanakan di 14 lokasi secara serentak mulai jam 09.00 WIB.

Kegiatan dilaksanakan di banyak lokasi dimaksudkan untuk meminimalisir kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan di aula Kankemenag diikuti oleh kyai, guru ngaji, penyuluh agama Islam, pejabat Kankemenag, Ketua BAZNAS Kabupaten Pemalang, dan Kepala KUA Kecamatan Pemalang. Sementara kegiatan di 13 lokasi lain dilaksanakan di KUA kecamatan dan diikuti oleh kyai, guru ngaji, penyuluh agama Islam, dan ASN KUA setempat.

“Terima kasih kepada para kyai, guru ngaji, penyuluh agama Islam karena telah hadir dalam kegiatan doa bersama sebagai rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama. Kegiatan doa bersama ini adalah bentuk kerukunan umat sebagaimana tema Hari Amal Bakti kali ini yaitu Indonesia rukun,” kata Kepala Kankemenag, Fahrur Rozi.

“Kegiatan dilaksanakan di 14 kecamatan secara serentak pada hari ini. Untuk wilayah Kecamatan Pemalang dilaksanakan di Kankemenag Kabupaten Pemalang, sementara kecamatan lainnya dilaksanakan di KUA kecamatan,” lanjutnya.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Al-Qur'an oleh seluruh peserta dan doa khotmil Qur'an, dilanjutkan istighosah, tahlil, dan doa bersama.

Selesai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bantuan zakat profesi kepada kyai, guru ngaji, dan penyuluh agama Islam secara simbolis oleh Kepala Kankemenag.

Adapun zakat profesi didistribusikan kepada kyai, guru ngaji, dan penyuluh agama Islam non PNS sebanyak 362 orang. Setiap orang menerima uang zakat sebesar Rp500 ribu. Total zakat yang didistribusikan sebesar Rp181 juta. (fi/rf)