Peringati HAB ke-75, MTsN 1 Pati Bersama LP Ma’arif Gelar KSB Nasional

Pati – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia, MTsN 1 Pati dan LP Ma’arif Kabupaten Pati menggelar Kompetisi Sains dan Bahasa (KSB) tingkat Nasional jenjang MTs/SMP sederajat. Pelaksanaan kompetisi tingkat nasional kali kedua yang digelar oleh MTsN 1 Pati ini berlangsung selama 2 hari, tanggal 28-29 Desember secara daring.

Ketua panitia, Muhyidin Setyo Utomo, menjelaskan KSB 2020 merupakan sebuah wadah untuk menumbuhkan rasa cinta dan meningkatkan kompetensi para pelajar khususnya jenjang MTs/SMP di bidang SAINS dan Bahasa yang dielaborasikan dan dipadukan dengan nilai-nilai islam (terintegrasi). KSB 2020 selain diselenggarakan secara Nasional, juga digelar di lingkup MTsN 1 Pati atau secara internal. “Untuk teknis pelaksanaan dan soalnya tetap sama, yang membedakan hanya hadiahnya saja,” ungkap Muhyidin.

Ia menyebutkan, antusiasme peserta dalam mengikuti KSB 2020 sangat tinggi, total peserta dari empat mata pelajaran yang di ujikan yakni MTK, IPA, IPS dan Bahasa Inggris baik tingkat Nasional maupun intern hampir mencapai 700 peserta. Seperti halnya pada kompetisi sebelumnya, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan demi kesuksesan pelaksanaan KSB 2020. “Dari awal kami benar-benar mempersiapkan secara matang dan detail, terkait pembuatan jadwal kegiatan, pembagian kisi-kisi kepada peserta dan pembagian juknisnya sampai pengadaan simulasi,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan KSB 2020, panitia juga menggandeng beberapa instansi diantaranya LP Ma'arif NU Cabang Kab. Pati , UNNES Semarang, UNISNU Jepara, dan Kemenag Kababupaten Pati. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan mampu mensukseskan KSB 2020 dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap MTs N 1 Pati.

Secara teknis pelaksanaan KSB 2020 diselenggarakan secara virtual, peserta diharuskan menggunakan 2 perangkat yakni 1 perangkat untuk mengerjakan soal melalui CBT e-learning dan 1 perangkat lainnya digunakan untuk zoom meeting dengan tujuan untuk meminimalisasi terjadinya kecurangaan saat mengerjakan soal dan menjunjung tinggi sportivitas dan integritas dalam berkompetisi. “Alhamdulillah berkat rahmat Allah dan kerja cerdas team yang selalu kompak dan solid, pelaksanaan KSB 2020 yang berlangsung selama 2 hari ini berjalan dengan lancar, tidak mengalami kendala yang berarti,” ujar Muhyidin. Terkait pengumunan dan closing ceremonial KSB 2020, Muhyidin menjelaskan akan dilaksanakan pada 4 Januari 2020.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, sangat mengapresasi atas terselenggaranya ajang kompetisi ini. Menurutnya dengan adanya KSB 2020 terintegrasi dapat melahirkan generasi muda yang unggul dan berilmu, selain itu juga agar menjadi insan yang berakhlaqul karimah. “Terimakasih dan selamat kepada anak-anakku se-Indonesia yang telah mengikuti KSB 2020. Tetap semangat dan teruslah berprestasi dalam kondisi apapun, semoga ini menjadi bekal kalian untuk mengikuti ajang kompetisi nasional lainnya atau yang lebih tinggi,” ujar Syafak. Ia pun menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap lembaga yang telah berkenan bekerja sama dengan MTsN 1 Pati dan membantu mensukseskan pelaksanaan KSB 2020. (TiM/at/qq)