Hargai Jasa Pendahulu, Pegawai Kemenag Ziarahi Makam

Purbalingga  – Mewujudkan penghargaan kepada para pendahulu dan perintis perjuangan di lingkungan Kementerian Agama, sejumlah 24 orang pegawai mengikuti kegiatan Ziarah dan Doa Bersama di makam K.H. Masruri – mantan Kepala KUA Mrebet pertama. Kegiatan yang digelar di pemakaman komplek Masjid / Yayasan Pendidikan Al Mujahadah Pagerandong – Mrebet tersebut berlangsung Selasa (5/1/2021).

Kepala KUA Mrebet 1 Abdul Mujib selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan,  acara Ziarah dan Doa Bersama tersebut diikuti Kepala KUA Mrebet 1, Kepala KUA Mrebet 2 bersama para  Pegawai PNS dan Non-PNS serta Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non-PNS se-kecamatan Mrebet.

Menurutnya, Almarhum K.H. Masruri merupakan tokoh agama dan sosok terkemuka yang berasal dari Dukuh Kedungkaret Desa Pagerandong Kecamatan Mrebet.

“Beliau menduduki jabatan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Mrebet pada tahun 1946 sampai dengan 1960 dan wafat pada tahun 1988,” jelasnya.

Mujib menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke – 75 Kementerian Agama RI Tahun 2021 yang dilaksanakan di wilayah kecamatan Mrebet. Selain upacara, ziarah makam dan doa bersama, sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan kerja bakti bersih-bersih lingkungan yang digelar Kankemenag Purbalingga secara serentak bersama dengan seluruh pegawai di lingkungan KUA dan madrasah di seluruh wilayah kabupaten Purbalingga.

“Sebelum kegiatan ziarah dan doa bersama seluruh pegawai mengikuti kegiatan upacara peringatan HAB ke- 75 Kementerian Agama RI di halaman Kantor Urusan Agama (KUA) Mrebet 1,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bertugas sebagai pemimpin Doa Bersama pada kegiatan ziarah Penyuluh Agama Islam dari KUA Mrebet 1 Anas Subhan. (sar/rf).