Hari Amal Bakti Momentum untuk Refleksi Diri

Purbalingga – Hari Amal Bakti  ke-75 Kementerian Agama RI yang berada pada suasana pandemi Covid-19 dapat dijadikan sebagai momentum untuk melakukan refleksi. Hal tersebut disampaikan Kakankemenag Purbalingga Karsono dalam sambutannya pada Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama RI Tahun 2021 di halaman kantor setempat, Selasa (5/1/20212).

Usai membacakan Sambutan  Menteri Agama RI Karsono mengajak para ASN untuk “membersihkan diri” sesuai harapan bersama bahwa Kementerian Agama adalah kementerian yang bersih.

“Kali ini saya terharu sekali bahwa pada tahun yang ke-30 saya mengabdi di Kementerian Agama ternyata belum bisa memberikan yang terbaik. Untuk itu setidaknya mari kita berjanji bahwa kementerian kita ini adalah kementerian yang bersih. Maka kita pun harus membersihkan diri, dan harus bisa mewujudkan yang terbaik untuk negara kita melalui Kementerian Agama yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Karsono menambahkan, di tahun 2021 ini ia menginginkan terwujudnya tekad bersama dalam rangka meraih predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Untuk itu bertepatan dengan Upacara Hari Amal Bakti yang ke – 75 ini kami meminta komitmen bapak / ibu semua  bahwa ZI menuju WBK dan WBBM di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga adalah harga mati. Karena sekali kita sudah melangkah maka pantang bagi kita untuk surut mundur dari hal-hal yang telah kita capai,” tegasnya.

Karsono pun mengungkapkan rasa syukur dan memberikan apresiasi atas kekompakan dan kerja keras para pejabat dan pegawai  di jajarannya yang telah mendukung perolehan prestasi nilai Zona Integritas tertinggi pada Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) di wilayah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

“Alhamdulillah kita memperoleh ranking pertama dari 36 institusi yaitu Kanwil Kemenag Provinsi dan 35 Kankemenag kabupaten/kota  di Jawa Tengah. Dan di tahun ini atas dasar prestasi tersebut, kita telah secara resmi diusulkan oleh Kanwil Kemenag Jateng untuk dijadikan Pilot Project Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM,” tandasnya.

Secara langsung ia pun meminta dukungan para ASN di jajarannya untuk mensukseskan program tersebut. 

“Saya mengajak seluruh warga Kementerian Agama di kabupaten Purbalingga untuk terus meningkatkan pelayanan sehingga gerak Kementerian Agama bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Pada kegiatan yang digelar dengan protokol kesehatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 22 orang ASN/PNS, penyerahan bantuan modal dari UPZ Kankememnag Purbalingga kepada 15 orang Pramubakti KUA pemenang Lomba Video Pendek Layanan KUA di Masa Pandemi Tingkat Nasional (Juara III) dan penyerahan SK Pengangkatan Tenaga Pramubakti Non-ASN di Kankemenag Purbalingga dan Kantor Urusan Agama di kecamatan se-kabupaten Purbalingga.  (sar/rf).