Kakankemenag Pati Ajak Jaga Kerukunan Umat

Pati – Kepala Kankemenag Kab. Pati menjadi inspektur upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-75. Peringatan HAB tahun ini mengangkat tema ‘Indonesia Rukun’.

Panitia HAB Kemenag Pati melakukan pembatasan peserta upacara sebagai penerapan protokol pencegahan covid-19. Peserta upacara hanya terdiri dari pimpinan unit kerja beserta staf, kepala KUA, pengawas pendidikan agama, ketua pokjahulu dan ketua pokjaluh Kemenag Pati.

“Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti penting jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia,” ujar Imron membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Halaman Kantor Kemenag Kab. Pati, Jalan P. Sudirman No.1-H Pati, Selasa (5/1/2021).

“Sejalan dengan tema hari ini, saya mengajak seluruh jajaran senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan,” sambungnya.

Imron juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk menjaga kebersamaan dan kerukunan antar umat agama. Segala ujaran, perilaku dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, agar dihindari.

“Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antar sesama anak negeri,” pinta Imron.

Dikatakan Imron, selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) haruslah menjadi perangkai, dan perajut tenun kebangsaan yang bhinneka. Seyogyanya nilai-nilai itu ditunjukkan tugas sehari-hari. “Kita harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberikan kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Imron mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian agama yang diterjemahkan dalam beberapa kata kunci yakni peningkatan pelayanan dan tata kelola birokrasi, penguatan moderasi beragama dan merawat persaudaraan.

“Mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaa dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang,” ujar Imron menirukan ajakan Yaqut Cholil.

“Semoga pandemic Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah,” pungkasnya.

Di temapt terpisah setelah pelaksanaan upacara selesai, Kepala Kankemenag didampingi KaSubbag TU dan jajaran pejabat Kemenag Pati melaksanakan doa bersama diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur atas peringatan HAB Kemenag ke-75. Sementara untuk satker negeri di lingkungan kemenag Pati menggelar upacara sendiri di wilayah masing-masing. (at/qq)