Kakankemenag Purbalingga Lantik Pengawas Sekolah dan Kepala Madrasah

Purbalingga – Setiap kita perlu bermuhasabah, mewaspadai diri, agar tidak menjadi bagian dari golongan orang-orang yang sengaja atau tidak sengaja menyurutkan semangat orang lain dalam bekerja dan beraktivitas. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Karsono dalam sambutan pengarahannya usai melantik dan melakukan pengambilan sumpah Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Kepala MI Negeri 1 Purbalingga di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Selasa (19/1/2021).

Selain memberikan apresiasi kepada Pengawas Pendidikan Agama Islam TK/SD terlantik Sokhidin dan Kepala MIN 1 Purbalingga terlantik Siti Honiah Mujiati, Karsono berpesan agar para terlantik selalu menjaga amanat yang diberikan oleh negara melalui Kementerian Agama tersebut dengan melakukan kerja nyata, kerja terukur serta pelayanan yang maksimal.

“Sesungguhnya jabatan yang diberikan merupakan sebuah amanah yang harus dijalankan dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Maka tidak tepat kalau usai mendapatkan amanat terus melakukan syukuran dengan cara berfoya-foya. Karena ada kekhawatiran apakah kita akan bisa menjalankan amanat tersebut hingga akhir masa jabatan. Ibaratnya amanah itu bara api, kalau kita pegang kita akan terbakar, namun jika dilepaskan bara api itu akan padam,” ungkapnya filosofis.

Karsono menandaskan agar para terlantik mewujudkan rasa terima kasih mereka kepada institusi Kementerian Agama melalui peningkatan kinerja dan capaian prestasi sesuai bidang dan tupoksi masing-masing.

“Bagi guru, Pengawas dianggap sebagai orang yang paling tahu tentang proses kegiatan belajat mengajar. Sehingga setiap Pengawas Sekolah dituntut untuk terus-menerus belajar,” tandasnya.

Sehari

Pada kegiatan yang dihadiri Kasubbag TU, para Kasi dan Penyelenggara, serta beberapa orang tamu undangan, Karsono meminta kedua terlantik untuk dapat mulai bekerja di tempat tugas yang baru pada Kamis (21/1/2021) dalam rangka pemenuhan tugas dan kewajiban sesuai jabatan barunya tersebut.

“Saya berikan waktu sehari besok Rabu untuk berbenah dan berpamitan dengan rekan-rekan di tempat tugas sebelumnya. Karena tugas sudah menunggu panjenengan di tempat yang baru,” tegasnya.

Pejabat Fungsional Pengawas Sekolah terlantik Sokhidin sebelumnya merupakan Guru Muda Pendidikan Agama Islam DPK pada SDN 1 Bodaskarangjati Kecamatan Rembang – Purbalingga. Selanjutnya ia akan memangku tugas baru sebagai Pengawas Pendidikan Agama Islam TK/SD. Kehadiran Sokhidin sangat membantu tugas Seksi PAIS Kankemenag Purbalingga karena sebelumnya pengawasan seluruh guru-guru PAI TK/SD di kabupaten Purbalingga diemban satu orang Pengawas PAI TK/SD, Sutaryo. Sedangkan Kepala MIN 1 Purbalingga terlantik Siti Honiah Mujiati, sebelumnya merupakan Guru Madya/Kepala MI Ma’arif NU 1 Karanggambas Kecamatan Padamara yang diangkat PNS pada tahun 2005.  (sar/rf)