Pesantren Terima Bantuan Mesin Jahit dan Obras

Pemalang – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Pemalang pada hari Senin (11/1) memberikan bantuan life skill kepada santri pondok pesantren. Bantuan diserahkan oleh Mulhimah, Muranah, dan Rizky Adhi Nugroho selaku pengurus UPZ. Bantuan yang diserahkan berupa 5 buah mesin jahit dan 1 buah mesin obras senilai Rp10 juta per pondok pesantren.

Sebelumnya penyerahan bantuan telah dilakukan secara simbolis saat upacara Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang, Selasa (5/1). Bantuan diserahkan oleh Kepala Kankemenag, Fahrur Rozi.

Ketua UPZ Kankemenag, Remanto mengatakan program life skill UPZ telah berjalan sejak tahun 2019. Pada tahun 2019, bantuan diberikan kepada Pondok Pesantren Al Ashri Tegalmlati, PP Al Mahbubah Wanareja, PP Al Falah Mislakhul Muta’alimin Karangtengah, dan PP Al Islah Kebagusan.

Untuk zakat profesi ASN tahun 2020, bantuan diberikan kepada PP Al Manaar Kebondalem, PP Hadirul Ulum Tasikrejo, PP Al Muttaqin Purana, dan PP Iqlima Al Ishlahiyah Banjaranyar.

“Ini merupakan program ekonomi life skill UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang untuk santri pondok pesantren dengan harapan kelak bila santri sudah kembali ke masyarakat bisa mandiri dengan skill yang didapat di pondok pesantren. Untuk itu kepada pengurus pondok pesantren untuk berkenan menerima bantuan ini dan memanfaatkan semaksimal mungkin,” kata Remanto.

Selanjutnya UPZ akan melakukan monev terkait pemanfaatan bantuan. Dia berharap kegiatan semacam ini akan berlanjut di tahun 2021 ini. (fi/rf)