Rakor Subbag TU, Kepala Kemenag Pati Pinta Kinerja Ditingkatkan

Pati – Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati menggelar rapat koordinasi, Jum’at (22/1) di ruang rapat kantor setempat. Dengan mengusung tema “Konsolidasi Organisasi melalui Komunikasi, Koordinasi dan Kerja Sama untuk meningkatkan Kinerja Sub Bagian Tata Usaha”, Kegiatan ini diikuti oleh ASN Subbag Tata Usaha dari keuangan, kepegawaian, umum, perencanaan dan petugas PTSP.

Sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 19 Tahun 2019 tentang organisasi dan tata kerja instansi vertikal Kementerian Agama bab II pasal 10 disebutkan bahwa Sub Bagian tata Usaha mempunyai tugas melakukan koordinasi perumusan kebijakan teknis dan perencanaan, pelaksanaan pelayanan dan pembinaan administrasi, keuangan dan barang milik negara di lingkungan Kantor Kementerian Agama berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama.

Rakor ini menjadi salah satu upaya Kemenag Pati, terutama Sub Bag TU untuk meningkatkan kinerja. Dengan koordinasi yang baik, diharapkan persoalan yang ada dapat dipetakan untuk dicarikan solusinya, baik berkaitan dengan keuangan, kepegawaian, umum, keamanan maupun kebersihan.

Dalam arahan Kepala Kantor Kemenag Pati Ali Arifin mengingatkan kepada jajaran Subbag TU untuk melaksanakan tugas dalam suasana hati yang bersih, saling asah asih asuh, bersatu padu, satukan persepsi, selalu ada koordinasi, saling mengenal satu dengan yang lain dan yang terpenting menjaga keseimbangan. “Hal ini sejalan dengan tema HAB Kemenag Ke-75 yaitu Indonesia rukun,” katanya.

Ia menambahkan para PNS dalam berkerja dan melayani harus profesional karenanya diharapkan semua pegawai dapat meningkatkan kerja dan penyelenggaraan tata kelola manejemen yang unggul, maka hal yang utama dilakukan adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kemenag Pati Ahmad Syaiku dalam keterangannya mengatakan rakor yang diadakan diawal tahun kiranya dapat meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi serta lebih mengakrabkan antara pegawai satu dengan lainnya. ”Kita memerlukan masukan serta saran semua ASN dalam rangka menjalankan tugas agar lebih baik dan profesional kedepannya,” ujarnya.

Acara tersebut merupakan momen bagi seluruh staf Subbag TU untuk menyampaikan uneg-uneg, ide dan gagasan demi perbaikan Kemenag Pati, dimana masing-masing pegawai diberikan kesempatan untuk memberikan laporan capaian kerja masing-masing serta memberikan masukan-masukan guna mempermudah pekerjaan untuk memajukan Kementerian Agama Kabupaten Pati kedepannya. (at/qq)