Terbanyak se-Jawa Tengah, ASN Kankemenag Kab. Pemalang Dianugerahi Satyalancana

Pemalang – ASN jajaran Kankemenag Kabupaten Pemalang pada hari Selasa (5/1) melaksanakan upacara bendera Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag RI di Halaman KUA Kecamatan Pemalang. Upacara diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari petugas dan peserta upacara yang mewakili unsur ASN Kankemenag, ASN KUA, dan ASN madrasah. Upacara dengan peserta terbatas sebagai upaya penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19.

Kepala Kankemenag, Fahrur Rozi bertindak sebagai inspektur upacara, sementara Candra Junaedi S, pengolah data pada Seksi Penma bertugas sebagai komandan upacara.

“Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema Indonesia Rukun. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia,” kata Fahrur Rozi saat membacakan sambutan Menag RI.

Dia menyampaikan semangat Kemenag baru dan semangat baru dalam mengelola Kemenag yang diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

“Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” katanya.

“Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, inspektur upacara menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya. Penyematan dilakukan kepada tiga orang ASN yaitu Mulhimah selaku pengadministrasi umum Gara Zawa sebagai penerima Satyalancana Karya Satya 30 tahun, Imam Shofwan selaku Kepala MAN Pemalang sebagai penerima Satyalancana Karya Satya 20 tahun, dan Nur Khamidah selaku analis kepegawaian pelaksana sebagai penerima Satyalancana Karya Satya 10 tahun.

Dalam rangka HAB ke-75, sebanyak 167 orang ASN di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang memperoleh penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. (fi – 5/1/rf)