Tingkatkan Pelayanan Kankemenag Purbalingga Bangun Pos Satpam

Purbalingga – Fungsi Satuan Pengamanan (Satpam) bagi eksistensi sebuah instansi pemerintah di tingkat kabupaten  sangatlah penting. Selain fungsi keamanan atas seluruh aset yang menjadi  milik instansi maupun  yang menjadi milik negara (BMN), Satpam juga memiliki fungsi peran yang sangat vital dalam melayani para tamu yang membutuhkan pelayanan.  Termasuk tamu dari kalangan pejabat vertikal maupun lintas sektoral, para pegawai dari daerah dan masyarakat pada umumnya.

Mengingat pentingnya eksistensi Satpam bagi keberlangsungan dan kemajuan instansi pemerintah dalam menjalankan fungsi layanannya kepada masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga melakukan pembangunan Pos Satpam di dekat pintu masuk utama.

Perencana Kankemenag Purbalingga Didik Wirawan dalam keterangannya Selasa (12/1/2021) menjelaskan, sumber biaya pembangunan pos satpam tersebut berasal dari Anggaran DIPA tahun 2020.

“Pembangunan pos satpam yang baru saja selesai awal bulan ini dimulai awal Desember 2020. Pembangunan dilaksanakan dalam satu rangkaian kegiatan penataan ruang kantor lainnya,” ungkapnya.

Didik menambahkan, selama ini Satpam belum memiliki ruang permanen tersendiri sehingga dalam melayani tamu hanya berfasilitaskan sebuah meja dan beberapa buah kursi.

“Posisinya di dekat pintu masuk sehingga saat mobil dinas maupun kendaraan besar lainnya lewat terkadang harus dilakukan pergeseran meja maupun kursi, sehingga terasa kurang nyaman. Alhamdulillah di awal tahun 2021 ini Pos Satpam dengan bangunan permanen sudah dapat difungsikan untuk melakukan tugas pelayanan dan pengamanan,” jelasnya.

Koordinator Bagian Umum Udiworo Haryanto menjelaskan, Satuan Pengamanan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga saat ini terdiri dari 4 orang personel dengan status Non Pegawai Negeri Sipil.

Udiworo berharap adanya fasilitas baru tersebut dapat meningkatkan prestise dan prestasi kantor tempatnya bekerja.

“Alhamdulillah melalui kebijakan Kepala Kantor, Kasubbag TU, Perencana dan para pejabat lainnya 4 orang Satpam kami sudah memiliki ruang otoritas sendiri. Semoga menambah kepercayaan diri dan semangat kerja mereka dalam memberikan tugas pelayanan maupun pengamanan kepada seluruh pejabat dan pegawai maupun masyarakat,” harapnya. (sar/ rf).