Upacara Peringatan HAB Kemenag Ke 75 Diselenggarakan Dengan Sangat Sederhana

Batang – Sebagai bentuk syukur yang sangat mendalam atas eksistensi Kementerian agama yang sampai saat telah memasuki umur 75 tahun sejak berdirinya, maka Kemenag Kabupaten Batang menyelenggarakan Upacara  meskipun dengan sangat sederhana di Aula Lantai 2 pada Selasa (05/01).

Dalam amanatnya, Plt.Kepala Kantor Kemenag Kab Batang H.Abdul Wahab sebagai Pembina Upacara membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. Dimana isinya menyoroti tentang hiroiknya pendirian Kementerian Agama hingga perkembangan yang begitu signifikan hingga kini.

“Di usia 75 tahun Kementerian Agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kementerian Agama,” Kata Menteri Agama dalam sambutannya yang dibacakan H.Abdul Wahab.

Selain itu disampaikan bahwa Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat   nasional   yang   menempatkan   kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

“Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada  diktator  mayoritas  atau  tirani  minoritas.  Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing – masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak – hak orang lain,”Kata Menteri Agama.

Di akhir sambutan yang dibaca oleh pembina upacara, Menteri Agama mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama yaitu manajemen pelayanan dan tata  kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan  moderasi beragama, persaudaraan umat seagama, sebangsa dan setanah air serta kemanusiaan.

Disela-sela upacara kali ini Plt Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang memberikan SK.Mutasi Guru serta melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja tahun 2021 oleh Kasubag,Para Kasi,Kepala MAN,MTs dan MIN dimana tujuannya untuk mewujudkan manajemen yang efektif, transparan dan akuntabel serta beroriantasi pada hasil. (Zy/qq)