Zakat Produktif dan Life Skills di Upacara HAB

Pemalang – Puncak Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama RI di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di halaman KUA Kecamatan Pemalang pada hari Selasa (5/1). Upacara dengan peserta terbatas berjalan dengan khidmat. Kepala Kankemenag, Fahrur Rozi menjadi inspektur upacara.

Dalam amanatnya, inspektur upacara mengajak untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.

“Dirgahayu 75 tahun Kementerian Agama. Semoga pandemi COVID-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” tutupnya.

Selesai pelaksanaan upacara, Kepala Kankemenag menyerahkan bantuan zakat profesi ASN Kankemenag secara simbolis kepada tiga orang mustahik. Ketiga orang tersebut merupakan perwakilan dari PP Al Maanar Kebondalem, MTs Al Furqon Kalirandu, dan Majelis Taklim Attaqwa Widodaren.

“UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang memberikan bantuan sarpras program pendidikan Islam bagi delapan MI, MTs, majelis taklim, MDT, dan TPQ. Selain itu ada program bantuan life skills untuk santri pondok pesantren berupa mesin jahit dan obras kepada empat pondok pesantren. Bantuan selanjutnya diberikan untuk majelis taklim berupa bantuan ekonomi produktif,” terang Ketua UPZ selaku Gara Zawa Kankemenag, Remanto.

Menurutnya, UPZ telah mendistribusikan zakat dalam rangka HAB untuk program ini sebesar Rp117,5 juta. Pendistribusian zakat dalam upaya meningkatkan kualitas lembaga pendidikan keagamaan dan SDM. (fi/rf)