Lantik Pengurus LPQ Kab. Pati, Ketua Badko LPQ Jateng Sebut Kabupaten Pati Gudangnya Prestasi Pendidikan Al-Quran

Pati – Kepala Kemenag Pati yang diwakili oleh Kepala Subbag Tata Usaha menghadiri dan menyaksikan Pelantikan Pengurus Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Quran (BADKO LPQ) Kabupaten Pati periode 2021 – 2025 di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (24/2/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Pati, Ketua IV Badko LPQ Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris I Badko LPQ Provinsi Jawa Tengah, Pengurus Badko LPQ Kab. Pati serta tamu undangan.

Para pengurus baru tersebut dilantik langsung oleh Ketua Badko LPQ Jawa Tengah, Multazam Ahmad, dan juga disaksikan oleh Bupati Pati Haryanto, Kepala Disdikbud Pati, serta perwakilan Kemenag Pati.

Dalam sambutannya, Multazam menyebut bahwa apabila berbicara tentang pendidikan Al-Qur'an, Kabupaten Pati merupakan gudangnya prestasi.

“Tidak ada duanya pokoknya. Produk-produk hasil pendidikan Al-Qur'an tempatnya di Kabupaten Pati. Bahkan saudara saya yang menjadi muadzin di Masjid Istiqlal, itu asalnya dari Kabupaten Pati,” ujar dia.

Menurutnya, telah banyak warga Kabupaten Pati yang mengabdikan diri untuk Al-Qur'an. Kepada para pendidik yang hadir dalam pelantikan tersebut, ia berpesan agar hal-hal yang baik kaitannya dengan Al-Qur'an untuk tetap dipertahankan.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengungkapkan bahwa menjalin sinergi bersama dengan Badan Koordinasi (Badko) LPQ telah dilakukannya cukup lama, yaitu semenjak pihaknya menjabat pada periode pertama sampai dengan saat ini.

“Terlebih bahwa saya memiliki program bantuan kesejahteraan untuk guru madin dan TPQ yang biasa kami serahkan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Walaupun semula nilainya tidak seberapa, namun setiap tahun mengalami peningkatan. Dan nantinya penerima akan mendapat Rp 1,2 juta,” ungkapnya.

Bupati menyebut bahwa program bantuan kesejahteraan tersebut diadopsi oleh daerah-daerah lain.

Menurut Haryanto, ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap pengabdi Al-Qur'an.

“Dengan kepengurusan yang baru mudah-mudahan ke depan semakin solid. Sebab, organisasi dibentuk memang tujuannya memudahkan koordinasi dan menampung saran maupun masukan,” kata dia.

Badko LPQ juga berperan dalam ranah sosial. Untuk diketahui, kepengurusan Badko yang baru ini juga telah mengumpulkan donasi sekira Rp 90 juta bagi warga Pati yang terdampak banjir.

Sementara, Ketua Badko LPQ Pati 2021-2025, Muhammad Tohar menyampaikan terima kasihnya atas semua pihak yang terlibat dalam pembentukan kepengurusan yang baru ini.

Ia berpesan perlu adanya semangat juang dari semua pengurus untuk melaksanakan peran dalam lembaga pendidikan Al-Qur'an.

“LPQ memiliki visi-misi mewujudkan generasi Qur'ani yang kokoh dalam aqidah, rajin dalam beribadah, berakhlaqul karimah, cinta tanah air dan NKRI. Atas dasar ini pengurus yang baru bertekad mengabdikan diri di tengah masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan Al-Qur'an,” tegas dia.

Ditemui Humas secara terpisah, Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Pati Ahmad Syaiku mengucapkan selamat kepada para pengurus BADKO LPQ Kab. Pati yang baru dilantik, serta terimakasih kepada pengurus lama BADKO LPQ Kab. Pati atas pengabdian dan dedikasinya. Diungkapkan Syaiku, bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Pemkab untuk mendorong terus tumbuh kembang TPQ baik secara kuantitas maupun kualitas.

Ditambahkan Syaiku, bahwa salah satu misi pendidikan dan pengajaran TPQ ialah untuk mencetak dan menyiapkan generasi bangsa yang Qurani, yaitu yang kokoh berakidah, taat dan rajin beribadah, berbudi luhur, serta cinta tanah air dan NKRI.

Menurut Syaiku, jika hal tersebut dipegang teguh maka akan tumbuh tunas bangsa yang berkualitas. Sementara terkait pengelolaan BADKO LPQ, Syaiku menghimbau agar dalam mengelola organisasi sama dengan mengelola kehidupan, untuk organisasi itu harus memiliki cita-cita yaitu misi, setiap organisasi pasti akan mengalami persolan atau tantangan, serta kondisi yang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu Syaiku berharap kepada para pengurus BADKO LPQ agar tidak patah semangat, terus berjuang dengan tulus dan ikhlas.

“Mari kuatkan persatuan kita, Mari kita pupuk rasa nasionalisme kita, dan bersama bekerja keras untuk menjadikan Kabupaten Pati ke arah yang lebih baik,” terangnya menutup keterangannya. (at/qq)