Masa Pandemi KPRI Sejati Gelar RAT Semi Virtual

Purbalingga – Jadikan koperasi sebagai wadah untuk meningkatkan kesejahteraan para pegawai yang menjadi anggotanya. Dengan kesejahteraan yang terus meningkat diharapkan hasil kinerja mereka akan semakin berkualitas. Hal tersebut dikemukakan Pengawas Madrasah Kecamatan Kaligondang Suriyah selaku Penasihat KPRI Sejati Kecamatan Kaligondang pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2020 yang digelar secara semi virtual baru-baru ini.

Suriyah menandaskan, sebagai salah satu wadah para pegawai negeri sipil (PNS)  jajaran  Kementerian Agama di wilayah Kecamatan Kaligondang KPRI Sejati harus terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

“Berbagai upaya tersebut tentunya tidak boleh menyimpang atau melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang berlaku,” tandasnya.

Ia mengapresiasi inisiatif pengurus KPRI Sejati yang menggelar kegiatan RAT secara semi virtual tersebut.

“Dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi kerumunan yang bisa menimbulkan cluster penyebaran Covid-19 kegiatan ini patut diapresiasi. Meskipun melalui pertemuan virtual saya yakin tidak mengurangi makna dan pencapaian tujuan kegiatan ini,” ungkapnya.

Petugas Penyuluh UKM mewakili Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Purbalingga Agus Tri Lestari saat membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan, Dinkop UKM bertugas mendampingi dan mendata koperasi yang ada di Purbalingga.

Ia mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut karena dinilai tepat waktu meskipun harus dilaksanakan secara luring dan daring serta menerapkan protokol kesehatan.

“Tetap semangat melaksanakan RAT. Karena RAT ini harus dilaksanakan sebagai wujud pertanggungjawaban kepada  anggota,” ungkapnya.

Terpilih

Ketua KPRI Sejati terpilih Hilal Darsono dalam keterangannya Selasa (16/2/2021) menjelaskan, acara pembukaan disiarkan secara langsung (live) dari Aula MIM Kembaran Wetan.

“Selain para pengurus, pengawas, dan petugas hadir utusan PKPRI,  perwakilan DEKOPINDA serta utusan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Purbalingga. Sedangkan untuk seluruh anggota menghadiri secara virtual di madrasah masing-masing,” tuturnya.

Selain prosesi pemilihan pengurus periode 2021-2023 dan laporan pengurus KPRI periode sebelumnya,  dalam kegiatan tersebut  juga dibagikan hadiah kepada anggota yang hadir secara luring maupun virtual, tambahnya.

“KPRI Sejati tidak ingin memberatkan anggotanya, banyak doorprize menarik yang dibagikan, sesuai dengan manfaat dari koperasi itu sendiri. Koperasi merupakan usaha bersama dan manfaatnya juga dirasakan bersama-sama pula,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan RAT dimulai pukul 10.30 dengan pertimbangan mayoritas anggota KPRI Sejati merupakan guru madrasah. Tujuannya agar tidak mengganggu pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang menjadi tugas dan kewajiban mereka.

Terpilih sebagai Pengurus Periode 2021-2023 Hilal Darsono (Ketua I), Patna Tauris Kinantoro (Ketua II),  Achmadi (Sekretaris), Imam Sururi (Bendahara), Imam Sugiarto (Pembantu Umum). Sedangkan Pengawas Koperasi terpilih terdiri atas Triyono (Ketua), Rahmat Muthohir (anggota), dan Saefudin (anggota) . (laely/sar/bd)