Ringankan Sesama DWP Galang Dana Peduli Bencana

Purbalingga – Bertempat di Ruang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga sejumlah Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) / Perwanida Kankemenag Purbalingga mengikuti Rapat Virtual yang digelar Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI melalui zoom meeting, Selasa (2/2/2021).

Ketua DWP/Perwanida Kankemenag Purbalingga Laelatul Qodar menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka Launching Pendistribusian Bantuan Peduli Bencana Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Gerakan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Peduli Bencana ini merupakan kesepakatan bersama yang digagas DWP Kemenag RI. Menurut Ibu Eny Yaqut Cholil Qoumas gerakan ini berawal dari niat mulia untuk meringankan beban warga yang tertimpa bencana,” jelasnya.

Menurut penjelasan yang disampaikan dalam rapat virtual tersebut, penggalangan dana dan lelang amal yang digagas oleh DWP Kementerian Agama tersebut dimaksudkan untuk membantu masyarakat Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat, dengan slogan Bersinergi, Berbagi Rizki, Mengembalikan Energi

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang disampaikan dana yang telah terkumpul dari seluruh anggota DWP di seluruh Indonesia sejumlah  Rp 1.221.202.950,00 (satu miliyar dua ratus dua puluh satu juta dua ratus dua ribu sembilan ratus lima puluh rupiah).

Dana tersebut didistribusikan dalam bentuk barang-barang berupa sembako, pakaian, selimut, perlengkapan salat, obat-obatan, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi, tenda, mesin pemurnian air, dan bantuan rumah ibadah.  Bantuan untuk Kalimantan Selatan berjumlah  Rp 559.817.450,00 (lima ratus lima puluh sembilan juta delapan ratus tujuh belas ribu empat ratus lima puluh rupiah). Sedangkan bantuan untuk Sulawesi Barat berjumlah Rp 661.385.500,00 (enam ratus enam puluh satu juta tiga ratus delapan puluh lima ribu lima ratus rupiah).

Menurut penjelasan Ketua DWP Kemenag RI, Hj. Farichah Nizar Ali dana donasi tersebut tidak diperkenankan untuk membiayai akomodasi, transportasi dan konsumsi panitia maupun memberikan tip bagi orang yang membantu pengepakan barang, tambahnya.

Bantuan Sosial Peduli Bencana ini telah diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal  Kementerian Agama RI Nizar Ali kepada Kantor Wilayah (Kanwil) dan Ibu Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Selatan pada 28 Januari 2021 lalu. Penyerahan bantuan sosial kepada Kanwil dan Ibu Kakanwil Sulawesi Barat direncanakan akan dilaksanakan Sabtu (6/2) mendatang. Sedangkan Bantuan Rumah Ibadah akan ditransfer, jika data dan rekening sudah diterima dan lengkap. (nia/sar/bd)