Tiga Siswa MTsN 1 Pati Borong Emas Foton Institute

Pati – Tiga siswa MTsN 1 Pati berhasil borong emas dalam ajang Olimpiade Matematika Nasional dan Olimpiade Biologi Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Foton Institute pada 14 Februari lalu secara daring. Ketiganya adalah Septiandro Surya Dewangga cabang Biologi (8A), Qeis Rashidan Faozal cabang Matematika (8A), dan Nur Halimah cabang Matematika (9A).

Angga, salah satu siswa berprestasi dan juga inovator di bidang robotika ini menyatakan rasa syukur terhadap keberhasilannya dalam memperoleh medali emas untuk kali pertama. Ia mengaku, pencapaian yang ia peroleh saat ini merupakan hasil dari belajar yang selalu ia lakukan baik ketika akan mengikuti perlombaan maupun tidak. “Alhamdulillah senang sekali, akhirnya dapat emas juga. Kuncinya pantang menyerah. Kalau gagal, artinya belum sesuai dengan yang kita harapkan, ya coba lagi,” ucap Angga.

Ah Zaenal Arifin, Waka Kesiswaan MTsN 1 Pati menjelaskan ada upaya dari pihak madrasah untuk mengoptimalkan prestasi siswa. Selain bimbingan dari guru, siswa juga belajar secara mandiri dengan mengerjakan soal-soal dan diikutsertakan di setiap even lomba, “Tujuannya agar bisa menambah pengalaman dan pengetahuan mereka,” terangnya.

Arif menyebutkan, sebelum pandemi bimbingan dilakukan secara intens kepada siswa yang akan mengikuti ajang perlombaan, namun karena kondisi pandemi saat ini ada sebagian siswa yang tidak bisa melakukan bimbingan secara tatap muka. Meskipun begitu, Arif mengaku semangat para siswa untuk terus berprestasi tidak menurun, akan tetapi malah sebaliknya. “Mereka sangat antusias dan semangat mengikuti setiap ajang perlombaan dan hasilnya Alhamdulillah membanggakan,” jelasnya.

Selama pandemi, justru banyak prestasi yang diraih oleh siswa-siswi MTsN 1 Pati, hal ini karena even lomba diadakan secara online sehingga tidak terkendala oleh waktu, “Satu hari saja anak bisa mengikuti 3 cabang lomba, khusus akademik. Untuk nonakademik belum banyak prestasi yang diraih karena minimnya penyelenggara disebabkan pandemi ini,” jelas Arif.

Ia berharap ke depannya para siswa tetap semangat beprestasi meskipun sudah banyak prestasi yang diraih. Arif menandaskan bahwa pihaknya telah meningkatkan pembimbingan, sehingga diharapkan nantinya tidak hanya berprestasi di level nasional, tetapi bisa berprestasi lebih banyak di tingkat internasional. Selain itu, juga sebagai motivasi siswa yang lain agar ikut berprestasi.

Sementara itu Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, memberikan apresiasi kepada para siswa yang telah kembali mempersembahkan prestasi terbaik untuk madrasah, “Terimakasih anak-anakku yang tidak pernah lelah untuk berproses, selalu berusaha menjadi lebih baik, berdoa dan bersabar. Berkat itu semua, apa yang kalian dan kami harapkan dapat terwujud,” ujarnya. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh keluarga besar MTsN 1 Pati yang selalu memberikan dukungan dan doa kepada para siswa. “Tetap bersyukur dan berdoa yang terbaik untuk kita semua. Semoga mbarokahi,” harap Syafak. (TiM/at/qq)