Tingkatkan Performa Layanan Kankemenag Purbalingga Gelar Rakor Kehumasan

Purbalingga – Dalam rangka memaksimalkan layanan di masa pandemi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan di Aula Lantai 2 kantor setempat, Rabu (10/2/2021). Kegiatan Rakor dihadiri Kepala Kantor, Kasubbag TU, para Kepala Seksi dan Penyelenggara Zawa serta Analis Kepegawaian dan Tim Humas Kankemenag Purbalingga.

Kepala Kankemenag Purbalingga Karsono dalam arahannya berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan optimalisasi layanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Pelayanan yang diberikan Kankemenag Purbalingga kepada publik harus terus ditingkatkan melalui berbagai inovasi layanan. Namun inovasi dalam segala bentuk layanan tersebut hendaknya berorientasi pada peningkatan kemudahan masyarakat dalam mengaksesnya,” ungkapnya.

Kasubbag TU Purwadi selaku penanggung jawab kegiatan dalam pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya pelayanan online di masa pandemi sekarang ini.

“Sistem layanan berbasis onlineini nantinya akan menjadikan website sebagai master layanan karena menyajikan berbagai menu layanan untuk masing-masing seksi sesuai dengan ketentuan standar pelayanan minimal,” katanya.

Namun menurutnya beberapa jenis layanan yang di-online-kan lebih bersifat informatif dan konsultatif. Sedangkan yang bersifat advokatif masih harus di-offline-kan.

Dukung Zona Integritas

Kasi Bimas yang juga Ketua Tim Zona Integritas Kankemenag Purbalingga Mukhlis Abdillah selaku pimpinan rapat meminta seluruh Seksi, Penyelenggara dan Subbag Tata Usaha dengan bagian-bagiannya dapat menyuguhkan beberapa layanan yang diberikan melalui sistem online.

“Di samping untuk mengurangi  interaksi dan penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi ini, layanan online juga akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, penggunaan kertas akan berkurang karena pengguna layanan dapat mencetak sendiri dokumen yang dibutuhkannya.

“Selain itu lebih efektif dari sisi waktu maupun biaya karena masyarakat tidak harus datang langsung ke kantor kita dengan kondisi jarak dan kesibukan yang ada,” jelasnya.

Menurutnya, inovasi layanan online yang cepat, efektif dan efisien juga sangat mendukung terwujudnya Kankemenag Purbalingga sebagai Zona Integritas menuju wilayah yang bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi yang bersih dalam melayani. (naelul/sar/    )