Bangun Pemahaman Keagamaan Yang Moderat

Pemalang – Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Fahrur Rozi pada hari Selasa (30/3) siang menerima audiensi dari Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Pemalang.  Kehadiran enam orang PC GP Ansor menurut penuturan Sekretaris Syaifi Rohmatilah dalam rangka menjalin sinergitas dengan Kankemenag.

Fahrur Rozi merespon positif kehadiran PC GP Ansor di Kankemenag. Menurutnya ada tiga hal yang mendasari, yang pertama adalah Kankemenag mempunyai program penguatan organisasi masyarakat keagamaan.

“Yang kedua, Kemenag mempunyai harapan besar terhadap Ansor untuk menjadi patron persatuan dan kesatuan di Indonesia. Dan yang ketiga, secara personal Ansor bisa menjadi aktor kerukunan umat beragama. Untuk itu perlu membangun sinergitas antara Kankemenag dengan ormas keagamaan khususnya GP Ansor Kabupaten Pemalang,” jelasnya.

Sehubungan dengan aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar pada hari Minggu (28/3), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengutuk keras aksi tersebut. Menag mengimbau para tokoh agama terus meningkatkan pola pengajaran agama secara baik dan menekankan pentingnya beragama secara moderat.

Senada dengan Menag, Fahrur Rozi mengatakan perlunya membangun pemuda yang memiliki pemahaman keagamaan yang moderat.

“Kita perlu membangun pemuda yang memiliki pemahaman keagamaan Islam yang wasathiyah, salah satunya melalui GP Ansor. Di organisasi keagamaan manapun perlu menyebarkan pemahaman keagamaan yang moderat,” katanya.

Menurutnya pelaku bom belum memahami Islam secara detail, hanya memahami sebagian teks tanpa membandingkan dengan yang lain. (fi/rf)