Borong Piala, MTsN 1 Purbalingga Juara Umum SSTM 2021

Purbalingga – Siswa-siswi MTs Negeri 1 Purbalingga kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih posisi Juara Umum pada ajang Sayembara Sains Terintegrasi Madrasah (SSTM). SSTM merupakan ajang kompetisi yang digelar MAN Purbalingga dan diikuti para pelajar MTs dan SMP dari berbagai daerah di Indonesia. Ajang ini dilaksanakan Sabtu (27/3/2021) lalu secara  online.  

Waka Kesiswaan Azwar Usman dalam keterangannya Selasa (30/3/2021) menjelaskan, pada ajang tersebut MTs Negeri 1 Purbalingga mengikutsertakan 18 peserta yang tersebar pada 6 cabang lomba yaitu IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi, Matematika Terintegrasi, IPTEK Terintegrasi, Pidato Religi dan Cover Lagu Religi.

“Secara keseluruhan ada 124 speserta yang berpartisipasi pada ajang  tersebut. Alhamdulillah siswa-siswi kami berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dengan merebut 5 nominasi kejuaraan,” jelasnya.

Kelima nominator terbaik tersebut yaitu Fathur Rohman (Juara 1 Matematika Terintegrasi), Angelica Ramadhani (Juara 1 Pidato Religi), Muhammad Aufa (Juara 2 IPA Terintegrasi), Yusuf Nugroho (Juara 2 IPTEK Terintegrasi), dan Maya Kartika (Juara 3 IPA Terintegrasi). Para juara selain mendapatkan piala, uang pembinaan, dan sertifikat, juga mendapatkan voucher khusus ketika ketika mereka mendaftar sebagai siswa di MAN Purbalingga, lanjutnya.

Mewakili institusinya Azwar mengapresiasi para pembimbing dan siswa yang telah berjuang keras sehingga meski di masa pandemi MTs Negeri 1 Purbalingga mampu meraih prestasi yang membanggakan.

Ia menuturkan tanggapan salah satu peserta didiknya Fathur Rohman (Kelas VIII A) yang menjadi Juara 1 cabang lomba Matematika Terintegrasi. Menurutnya Fathur mengaku terkejut sekaligus bahagia menjadi juara meski menurutnya soal-soal yang dilombakan termasuk kategori sangat sulit. (abas/sar/bd)