Hadirkan Orang Tua, MTsN 3 Purbalingga Sosialisasikan Ujian Madrasah

Purbalingga – Terbagi dalam 2 sesi dengan penerapan protokol kesehatan, sejumlah 102 wali siswa kelas IX MTs Negeri 3 Purbalingga mengikuti  Sosialisasi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 bertempat di madrasah setempat,  Senin (8/3/2021).

Kepala MTsN 3 Purbalingga Sudir menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi kepada para orang tua siswa terkait kegiatan akhir tahun di madrasah tersebut.

“Ujian madrasah yang akan dilaksanakan harus diikuti oleh seluruh siswa kelas IX sebagai tolok ukur capaian kompetensi peserta didik sesuai SK pada akhir jenjang pendidikan MTs,” jelasnya.

Pada acara yang dihadiri Ketua dan Wakil Ketua Pengurus Komite MTsN 3 Purbalingga tersebut Kepala Madrasah Sudir meminta para orang tua untuk melakukan pendampingan putra-putri mereka dalam belajar di rumah.

“Mohon Bapak/Ibu mendampingi, membimbing, dan memantau perkembangan pembelajaran yang sudah disampaikan oleh bapak/ibu guru di madrasah pada semua mata pelajaran yang diberikan secara online . Supaya anak maksimal dalam pembelajarannya sehingga mereka mendapatkan nilai yang terbaik nantinya, ungkapnya,” pintanya.

Selain itu Sudir juga meminta para orang tua siswa untuk mendoakan putra-putri  mereka agar bisa mengikuti kegiatan ujian madrasah dengan lancar.

Waka Humas Yuyun Khoeriyah dalam penjelasannya memaparkan ketentuan teknis kegiatan akhir tahun.

“Peserta Ujian Madrasah harus sudah memenuhi persyaratan sebagai peserta ujian, di antaranya terdaftar sebagai siswa pada tahun terakhir di madrasah (MTs), memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester 1 pada tahun pertama sampai dengan semester 1 tahun terakhir,” jelasnya.

Menurutnya, Ujian Praktek akan digelar pada tanggal 1-10 Maret 2021 dengan materi : Prakarya, PJOK,SBK. Sedangkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) akan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 22 Maret 2021.

“Ujuan Madrasah (UM) direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret – 7 April 2021. Sedangkan pengumuman kelulusan akan disampaikan pada tanggal 4 Juni 2021. Dan perpisahan secara virtual akan diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 2021,” jelasnya.

Yuyun menegaskan, karena saat ini situasi masih berada pada masa pandemi Covid-19 maka madrasah akan menyelenggarakan ujian madrasah (UM) secara daring (online).

Terkait mata pelajaran yang diujikan dalam ujian madrasah Yuyun menjelaskan, materi ujian meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir.

“Materi ujian madrasah untuk mapel  umum mengacu pada kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Materi ujian madrasah untuk mapel PAI dan Bahasa Arab mengacu pada KMA 183 tahun 2019,” jelasnya. (supriyanti/sar/bd)