Kakankemenag Purbalingga Launching Kantin Kejujuran

Purbalingga – Satu inovasi layanan kembali dimunculkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. Inovasi tersebut berupa dibukanya Kantin Kejujuran dengan sistem pelayanan mandiri (swalayan). Peluncuran (launching) Kantin Kejujuran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga tersebut dilakukan oleh Kakankemenag Purbalingga Karsono di komplek belakang kantor setempat, Senin (22/3/2021).

Dalam sambutan pembukaannya Kakankemenag Karsono mengapresiasi inisiatif dan kerja keras para pejabat dan seluruh pegawai di jajarannya dalam mewujudkan layanan pegawai tersebut.

“Kantin Kejujuran ini adalah merupakan salah satu inovasi yang luar biasa dan semoga bisa ditiru oleh Satuan Kerja lainnya. Selain itu semoga inovasi ini juga bisa menjadi amal kebaikan bagi kita khususnya ibu-ibu di sini, karena orientasinya bukan profit, tetapi untuk kemaslahatan orang banyak,” ungkapnya.

Menurutnya pengadaan Kantin Kejujuran tersebut adalah dalam rangka meningkatkan layanan kepada seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga  termasuk para pegawai  (PNS/Non-PNS) dari daerah saat melaksanakan kunjungan dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasannya.

“Nanti mohon disebarluaskan kepada teman-teman di daerah agar mengetahui hal ini dan saat datang ke kantor ini dapat memanfaatkan fasilitas layanan Kantin Kejujuran ini,” pesannya.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Hj. Khamimah selaku penanggung jawab dalam keterangannya menjelaskan, pengadaan dan pengelolaan kantin tersebut digagas beberapa waktu yang lalu bersama para ibu-ibu pegawai di ruang kerjanya.

Ia berharap dengan adanya kantin tersebut beberapa persoalan yang dihadapi para pegawai dapat teratasi. Selain itu keberadaan kantin tersebut dapat memperkuat integritas serta mempertebal kejujuran para pegawai di kantornya.

“Para pegawai saat ke kantin ini menjadi pembeli sekaligus penjual. Mereka harus mampu melayani diri sendiri dan tidak hanya minta untuk dilayani. Karena tidak ada pelayan khusus di kantin ini. Jadi memilih barang atau makanan sendiri, menyajikan sendiri, membayar dan mengambil uang kembalian sendiri. Termasuk mengisi pembukuan keuangan sendiri. Demikian pula halnya dengan penitipan barang atau makanan oleh para pegawai harus dicatatkan di  buku yang telah disediakan  ,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai dengan semangat Zona Integritas Menuju Wilayah Bersih dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Kantin Kejujuran memiliki semangat dan filosofi yang sama.

“Selain melatih kejujuran, menegaskan integritas, Kantin Kejujuran juga melatih seseorang agar bisa menjadi pelayan yang baik meskipun kepada dirinya sendiri,” ungkapnya filosofis.

Ia menambahkan, beberapa menu yang disediakan di antaranya : Nasi Sehati, Teh Inovasi, Kopi Joss, Top Mie Integritas dan Jajanan Kreatif.  (sar/bd)