Lima Siswa MTsN 1 Pati lolos SNPDB 2021/2022

Pati – Sebanyak lima siswa MTsN 1 Pati lolos Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN IC dan MAN PK. Hasil seleksi diumumkan pada Selasa (16/3), berdasarkan keputusan Dirjen Pendis Nomor 1411 Tahun 2021. Adalah Fadilla Risma Tri Hapsari, Nur Halimah, dan Ahmad Satiri Wicaksono yang berhasil lolos seleksi MAN IC Pekalongan, sementara Aliya Nauratul Ma'shumah dan Maulina Luthfiyatun Ni'mah lolos seleksi MAN PK Surakarta.

Sebelumnya, sebanyak 20 siswa MTsN 1 Pati mengikuti seleksi jalur tes (27-28/2) dan tes wawancara (1-2/3). Adapun tes wawancara hanya diperuntukkan bagi siswa yang mendaftar di MAN PK Surakarta. Hal ini disampaikan oleh Waka Kesiswaan MTsN 1 Pati, Ahmad Zaenal Arifin. Ia pun mengungkapkan, selama dua pekan 20 siswa tersebut mengikuti bimbingan di madrasah. Bimbingan difokuskan pada mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, PAI, dan Tes Potensi Akademik (TPA). “Iya memang benar, mereka diberikan bimbingan sekaligus arahan oleh Bapak dan Ibu guru mapel masing-masing, dan untuk TPA oleh guru BK,” jelasnya.

Faradilla Risma Tri Hapsari, salah satu siswa, menyatakan rasa senang sekaligus sempat tidak menyangka dirinya bisa lolos seleksi dan diterima di madrasah yang ia inginkan. Untuk bisa lolos seleksi ini, Dilla mengaku melakukan berbagai persiapan dengan giat belajar dan selalu berusaha. “Alhamdulillah, bimbingan dari madrasah sangat membantu. Semoga ke depannya MTsN 1 Pati selalu bersinar sampai ke kancah Internasional, dan untuk diri saya pribadi, semoga kelak bisa menjadi lebih baik dan mampu mengharumkan almamater tercinta MTsN 1 Pati,” harap Dilla.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengapresiasi dan bangga atas lolosnya kelima siswa tersebut. “Alhamdulillah, terima kasih kepada anak-anakku yang sudah berjuang dan Bapak Ibu guru atas doa terbaiknya,” ujarnya. Ia pun berpesan kepada seluruh siswa terutama kelas IX untuk tetap gigih belajar agar bisa melanjutkan pendidikan di madrasah ataupun sekolah yang diimpikan. (TiM/at/qq)