Melalui Pesan Virtual, Karsono Tekankan Gerakan 5M

Purbalingga – Dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan sukses pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menggelar kegiatan Istighosah di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Senin (1/3/2021) malam.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Kasubbag TU, para Kasi dan Penyelenggara, para Pejabat  Fungsional dan jajaran ASN Pelaksana Kankemenag Kabupaten Purbalingga juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad secara virtual.

Acara yang dihadiri Asisten Bupati R. Imam Wahyudi mewakili Bupati Dyah Hayuning Pratiwi tersebut juga diikuti secara virtual oleh para Kepala KUA, Pengawas Madrasah, Kepala dan Guru RA/BA, MI, MTs, MA negeri dan swasta se-Kabupaten Purbalinggamelalui aplikasi zoom meeting.

Dalam sambutannya Kakankemenag Purbalingga Karsono menyampaikan, keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga sudah bersatu padu dalam penanggulangan Covid-19. Namun Karsono meminta agar seluruh jajarannya tetap konsisten mengingatkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan dan Gerakan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabu dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilitas dan interaksi).

“Kita tidak boleh cepat merasa puas karena sudah berbuat. Tetapi yang kita butuhkan adalah sikap konsistensi kita bagaimana kita terus-menerus mengingatkan kepada masyarakat tentang pelaksanaan protokol kesehatan dan anjuran melaksanakan 5M, ” tegasnya.   

Kepada para Kepala KUA Karsono berpesan agar terus menerus mengingatkan masyarakat melalui kegiatan pencatatan kegiatan pernikahan.

“Pencegahan Covid-19 agar menjadi tema wajib dan dalam melaksanakan pernikahan harus mentaati protokol kesehatan,” tandasnya.

Sedangkan kepada para Penyuluh Karsono meminta mereka agar terus menyebarkan konten-konten terkait Covid-19, termasuk di dalamnya penyusunan naskah khutbah Jumat.

“Susun dan sebarkan naskah khutbah yang berkaitan dengan ajakan dan penanggulangan Covid-19<” pesannya.

Melalui zoom meeting Karsono berpesan agar para Pengawas dan Kepala Madrasah terus-menerus menggaungkan protokol kesehatan (Prokes 5 M) di lingkungan madrasah. Karena berbagai program tersebut merupakan upay memutus mata rantai penyebaran virus Corona baru (Covid-19) yang menjadi pandemi di berbagai wilayah. (rizal/sar/bd)