Menyongsong Pendidikan Abad 21, Guru MAN 2 Brebes Ikuti Bimtek Penyusunan Soal HOTS

Brebes – 14 Guru MAN 2 Brebes mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Soal HOTS yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes pada Senin, (8/3). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes. Diikuti oleh peserta dari perwakilan guru MI, MTs, dan MA se-Kabupaten Brebes.

Bimtek tersebut merupakan tindak lanjut dari Bimtek PenyusunanSoal HOTS bagi Guru Inti/InstrukturKabupaten/Kota Tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan pada 25 dan 26 Februari 2021. Pada kesempatan tersebut dua guru MAN 2 Brebes ditunjuk menjadi instruktur Kabupaten Brebes yang mewakili mata pelajaran rumpun IPA dan rumpun Bahasa, yakni Mujayaroh, S.Pd dan Annikmatin Sholikhah, S.Pd.

Pada pelaksanaan bimtek tersebut mendatangkan pemateri instruktur nasional, yaitu Shofar Sholahudin Bisri, S.Ag, M.Pd. yang menjabat sebagai Pengawas Madya Kankemenag Kabupaten Tegal.

Kepala Kantor Kemeneterian Agama Kabupaten Brebes, Drs. H. Fajarin, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan sebagai ujung tombak kemajuan suatu bangsa hendaknya memberikan pelayanan yang selaras dengan tuntutan zaman. Penerapan prinsip-prinsip yang esensial diharapkan agar implementasi kurikulum 2013 menghasilkan lulusan yang siap menghadapi abad 21.

“Sebagai bagian yang utuh dan selaras dengan komponen kurikulum 2013, penilaian berperan untuk menstimulus capaian pembelajaran yang salah satunya membangun sikap kritis. Instrumen penilaian diarahkan pada soal berstandar internasional yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Penilaian hasil belajar diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), karena keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat mendorong siswa untuk berpikirsecara luas dan mendalam tentang materi pelajaran,” pungkas Fajarin.(ESW/Sua)