Milad ke-43 MAN Purbalingga, Munculkan Aneka Prestasi di Era Pandemi

Purbalingga – Dalam rangka memeriahkan Milad ke-43 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga menggelar berbagai kegiatan selama bulan Maret 2021. Yaitu Sayembara Sains Terintegrasi Madrasah (SSTM) termasuk Lomba Cover Lagu Religi dan Lomba Pidato Religi, serta Seminar Guru BK SMP/MTs Se-Purbalingga. Sebagai puncak kegiatan digelar Tasyakuran dan Doa Bersama, serta Sarasehan Budaya, Sabtu (27/3/2021).

Kepala MAN Purbalingga, Mohamad Alwi dalam keterangannya menjelaskan, rangkaian acara tersebut dimulai sejak awal Maret dan berakhir pada 27 Maret 2021.

“Sebelumnya pada hari Kamis (25/3/2021) juga digelar kegiatan Khataman Al-Qur'an dan Istighotsah yang dihadiri perwakilan siswa, guru dan karyawan di Masjid Al-Madaniyah MAN Purbalingga. Sedangkan siswa lainnya mengikuti secara virtual di rumah masing-masing,” jelasnya.

Kepala MAN Purbalingga Mohamad Alwi mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut setiap guru dan karyawan menyelesaikan 1 juz secara daring melalui google meet. Sedangkan tema yang diangkat pada Milad ke-43 tersebut adalah Pemuda Hebat Negara Kuat.

Ia menambahkan, sebagai pengelola dan penanggung jawab keberhasilan program pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di Purbalingga tersebut pihaknya berharap MAN Purbalingga semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat dengan prestasinya yang semakin gemilang.

“Semoga ke depan MAN Purbalingga semakin berprestasi menjadikan generasi muda yang bertakwa dan bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa,” harapnya.

Sayembara Sains

Penanggung jawab Sayembara Sains Terintegrasi Madrasah (SSTM) Sigit Syamsul menyampaikan, tujuan kegiatanSSTM adalah untuk meningkatan mutu pendidikan karakter dan upaya menumbuhkembangkan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi di masa pandemi.

Menurutnya ada 6 macam cabang perlombaan, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi, IPTEK Terintegrasi, Pidato Religi dan Cover Lagu Religi. Perlombaan ini diikuti oleh siswa kelas VIII dan IX SMP/MTs. Pemberian penghargaan kepada para juara dilakukan Sabtu (27/3/2021) malam pada acara Sarasehan Budaya yang dimeriahkan oleh Harmoni Kerontjong Moeda.

Adapun pemenang pada masing-masing cabang lomba adalah sebagai berikut.

Lomba Matematika Terintegrasi: Juara 1 Fathur Rohman (MTsN 1 Purbalingga), Juara 2 Devika Suci Ramadhani (SMPN 1 Karangmoncol), dan Juara 3 Dhiya Alifa Khairina (SMP Istiqomah Sambas Purbalingga)

Lomba IPA Terintegrasi:  Juara 1 Rafi Hazza Saputra (MTs Minhajut Tholabah), Juara 2 Muhammad Aufa Rafiqi (MTsN 1 Purbalingga), dan Juara 3 Maya Kartika (MTsN 1 Purbalingga).

Lomba IPS Terintegrasi: Juara 1 Karnita Difa Afrilianasari (MTsN 1 Pati), Juara 2 Abyan Dinar Fathin (SMP Istiqomah Sambas) dan Juara 3 Corrina Tsabitah (SMP Istiqomah Sambas).

Lomba IPTEK Terintegrasi: Juara 1 Hana Safira (SMP Istiqomah Sambas), Juara 2 Yusuf Nugroho (MTsN 1 Purbalingga) dan Juara 3 Aminatun Khasanah (MTs Minhajut Tholabah)

Lomba Pidato Religi: Juara 1 Angelika Ramandani (MTsN 1 Purbalingga), Juara 2 Fatma Lailatus Zahro (MTs Minhajut Tholabah), Juara 3 Jazmine Maulida (SMP Istiqomah Sambas).

Lomba Cover Lagu Religi : Juara 1 Rania Putri Fadiyah (MTsN 1 Banyumas), Juara 2 Jauharah Isnaeni (SMP Istiqomah Sambas), Juara 3 Nilna Keysa Nabila (MTs Muhammadiyah 06 Purbalingga). (yus/sar/bd)