MIN 1 Kendal Ikuti Workshop Penggiat P4GN di Lingkungan Pendidikan

Kendal – Melalui Surat Tugas Kakankemenag Kabupaten Kendal Nomor B-0633/Kk.11.24/4/PP.00/03/2021 tanggal 23 Maret 2021, Kepala Madrasah bersama Guru PJOK MIN 1 Kendal mengikuti Workshop Penggiat P4GN yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kendal di ruang Merak Tirto Arum Baru Kendal, Rabu (24/3).

Sapto Nugroho selaku Ketua Tim mengatakan, kehadiran bapak ibu peserta workshop baik yang dihadiri oleh kepala sekolah langsung maupun diwakilkan, menjadi awal yang baik untuk sinergitas antara lembaga pendidikan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“BNN tidak mungkin bekerja sendiri, butuh sinergitas dengan lembaga pendidikan. Sekolah/madrasah mempunyai peran yang sangat strategis dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” demikian disampaikan Sapto Nugroho saat membuka acara secara resmi.

Sementara Yuniasih Kepala SMAN 1 Kendal selaku narasumber implementasi P4GN di sekolah mengajak kepada peserta untuk memahami makna penting kehadiran kepala sekolah dalam workshop ini.

“Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika bukan hanya tugas BNN, sekolah/madrasah adalah tempat yang strategis untuk pelopor P4GN,” jelasnya dengan semangat pagi.

Mengikuti workshop ini dengan seksama, Subiyono Kepala MIN 1 Kendal berkomitmen akan mengimplementasikan P4GN di lingkungan madrasahnya. Komitmen ini dituangkan dalam rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan dalam 4 bulan ke depan.

“Agenda pertama, sosialisasi P4GN ke warga madrasah. Sosialisasi ini menjadi penting, agar warga madrasah memahami arti penting P4GN sejak dini di tingkat dasar. Agenda berikutnya adalah membentuk satgas P4GN dengan menerbitkan surat keputusan. Setelah terbentuk, satgas ini harus menyusun program kerja untuk mengimplementasikan P4GN di lingkungan madrasah,” ungkapnya.

Apakah cukup sampai di situ, tidak tegasnya. “Program ini harus senantiasa dimonitoring dan dievaluasi setiap semester. Kampaye P4GN juga harus diperbanyak baik kepada guru, karyawan maupun siswa. War on Drugs harus didengungkan kepada masyarakat. Stop Narkoba, juga harus menjadi komitmen bersama. Demikian juga kampaye #hidup 100% sadar, sehat, produktif, dan bahagia harus disebarluaskan kepada masyarakat sekitar madrasah, dan di mana guru berada di lingkungan masing-masing,” imbuh Subiyono.

Berbekal ilmu dan pengetahuan yang didapat dari  workshop Penggiat P4GN, Kepala MIN 1 Kendal siap berdedikasi mewujudkan Madrasah Bersinar, Madrasah Bersih dan Bebas Narkoba. (sby/bel/rf)