MTsN 1 Pati Gelar ‘Kacer’ Nasional 2021

Pati – MTsN 1 Pati Kembali menyelenggarakan ajang Kompetisi Anak Cerdas Berkarakter (Kacer) 2021 tingkat Nasional. Sebanyak 317 peserta lomba jenjang SD/MI kelas VI dari 10 provinsi mengikuti kompetisi tersebut. Kompetisi Anak Cerdas Berkarakter (Kacer) merupakan sebuah ajang kompetisi tahunan yang digelar sebagai salah satu kegiatan untuk memperingati hari lahir MTsN 1 Pati dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan kompetisi bersama. Tahun ini pelaksanaanya berlangsung Sabtu (13/3) yang dibagi dalam 3 sesi yang terdiri dari mapel MTK, IPA, dan IPS.

Ketua panitia Kacer, Asyhar, menjelaskan pelaksaan kompetisi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Iya, memang benar karena adanya pandemi ini kegiatan di madrasah sangat dibatasi dan kami harus mengikuti peraturan itu,” ujarnya. Lanjut Asyhar, ia menyebutkan pada tahun lalu pelaksanaan kompetisi hanya sebatas tingkat Jawa Tengah saja akan tetapi karena tahun ini digelar secara online, Kacer diikuti oleh siswa-siswi jenjang SD/MI kelas VI se-Indonesia. “Alhamdulillah selalu ada hikmah, kali ini Kacer digelar secara Nasional,” katanya.

Pengumuman juara Kacer sendiri ditayangkan melalui zoom meeting dan akun Youtube MTsN 1 Pati pada Kamis pagi (18/3). Adapun yang menjadi juara dalam Kompetisi Anak Cerdas Berkarakter (Kacer) 2021 adalah sebagai berikut, mapel IPA diraih oleh Arum Puspa Rahma Ramadhani dari MIN 1 Semarang sebagai Juara 1, Camelia Salsabila Nuraini dari MI Arrosyad Semarang sebagai Juara 2, dan Nayla Azzahra Putri dari SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus sebagai Juara 3. Mapel Matematika, juara 1 diraih oleh Gabriella Natalia Rosa Karsono dari SD Pangudi Luhur 1 Surakarta, juara 2 Hafiz Ulumuddin Karim dari MIN 2 Jepara, dan juara 3 Angel Susanto dari SD Xaverius 2 Palembang. Mapel IPS diraih oleh Shafira Indah Rahmawati dari MIN 3 Demak sebagai Juara 1, Dinda Putri Sugiyanta dari MIN 2 Rembang sebagai Juara 2, dan Khaela Munadya Azzahro dari MI Arrosyad Semarang sebagai Juara 3.Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati memberikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi mengikuti Kacer 2021.

“Terima kasih dan selamat kepada para juara,” tuturnya.

Ia juga mengapresiasi pelaksanaan Kacer yang berjalan sukses. “Alhamdulillah, terima kasih atas perjuangan para panitia dan doa dari Bapak Ibu Guru dan Pegawai semua. Insya Allah akan membawa keberkahan bagi kita dan madrasah tercinta,” ujarnya. Seperti halnya tahun sebelumnya, Syafak menyatakan pihak madrasah akan memberikan beasiswa bagi juara 1 Kacer 2021 yang berminat melanjutkan pendidikan di MTsN 1 Pati. (TiM/at/qq)