MTsN 1 Pati Kembali Gelar Tes Tahfidz 5 Juz

Pati – MTsN 1 Pati kembali menyelenggarakan tes tahfidz 5 juz yang berlangsung Selasa (2/03). Sebanyak 10 anak mengikuti tes yang dibagi ke dalam 10 majelis.

Aminatul Fathonah, penguji sekaligus panitia menyatakan pelaksanaan tes berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. “Alhamdulillah, meskipun ada sedikit kurang komunikasi antarmajelis tapi bisa diatasi,” ungkapnya.

Ia menyebutkan anak-anak sangat antusias dalam mengikuti tes, sehingga tes yang biasanya selesai dalam kurun waktu 4 jam terselesaikan lebih cepat. Aminatul pun berharap agar kesepuluh anak yang mengikuti tes tahfidz 5 juz ini tetap istiqomah dalam melakukan hafalan, “Meskipun setiap hari murojaah, tidak menutup kemungkinan jika di lapangan menjadi lengah,” ujarnya.

Salah satu peserta, Septiandro Surya Dewangga saat diwawancara usai melaksanakan tes merasa bersyukur karena bisa menjalani tes tahfidz 5 juz. Ia menceritakan menjadi penghafal Alquran merupakan keinginannya sendiri, selain itu juga adanya dorongan dari orangtua. Dalam menghafal ia memiliki strategi yakni selalu disiplin murojaah dan menetapkan target hafalan.

Angga sapaan akrabnya menyebutkan peran guru tahfidz dan orangtua sangatlah besar terlebih masa pandemi yang semua kegiatan dilakukan secara daring, “Jadi setelah selesai sholat maghrib, ibu yang menyimak hafalan saya, sebelum saya setorkan kepada guru tahfidz,” kata nya.

Siswa yang juga memiliki segudang prestasi di bidang akademik dan inovator di bidang robotik ini mengaku, motivasi dirinya dalam menghafal alquran adalah ingin membahagiakan kedua orangtua terutama sang Ayah yang sudah meninggal dunia sejak ia masih kecil. Selain itu, pesan dari sang Ibu juga menjadi motivasi bagi dirinya dalam menghafal Alquran. “Beliau selalu bilang ketika kita mengejar akhirat, dunia pasti akan mengikuti. Jadi dengan menghafal Alquran ini, Insya Allah akan mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat,” ucap Angga.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak menyampaikan rasa syukur dan bangga terhadap anak penghafal Alquran ini. “Alhamdulillah, rahmat Allah yang sungguh luar biasa bisa menyaksikan anak-anak cerdas berprestasi penghafal 5 juz melakukan tes hari ini,” tuturnya. Ia berharap dengan adanya tes tahfidz kali kedua ini, MTsN 1 Pati bisa mencetak lebih banyak generasi cinta Alquran sehingga bisa memberi keberkahan untuk keluarga besar MTs N 1 Pati. (TiM/at/qq)