MTsN 2 Pemalang Adakan PILKETOS Secara Daring

Pemalang – MTs Negeri 2 Pemalang pada hari Kamis (18/3) mengadakan kegiatan pemilihan ketua OSIS secara daring untuk masa bhakti 2021/2022. Kegiatan ini menjadi agenda rutin madrasah dimana setiap tahun mesti diadakan pemilihan ketua OSIS (PILKETOS). Walau tahun ini masih dalam masa pandemi namun tidak menjadi suatu halangan untuk mengadakan pemilihan ketua OSIS. Maka PILKETOS MTsN 2 Pemalang diadakan secara daring, mulai dari penjaringan, pencalonan sampai pemilihan.

Shobirin selaku Kepala MTsN 2 Pemalang di ruang kerjanya menuturkan bahwa PILKETOS ini merupakan ajang pembelajaran karakter demokrasi bagi peserta didik. Salah satu bentuk karakter bangsa sesuai dengan program Nawa Kartika Presiden RI adalah pembentukan karakter demokrasi.  Proses pembelajaran karakter demokrasi di madrasah sebagai implikasi pembelajaran PKN dengan materi pentingnya demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan perlu diadakan inovasi dalam pembelajaran sehingga penanaman karakter demokrasi secara langsung dapat tertanam pada peserta didik melalui praktek langsung di lapangan. Melihat kondisi masih pandemi, kegiatan PILKETOS MTsN 2 Pemalang diadakan melalui daring.

“Manfaatkan teknologi dan fasilitas yang ada untuk mendukung terlaksananya program dan kegiatan yang sudah direncanakan,” pesannya.

“Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS secara daring dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu, seleksi bakal calon tanggal 3 sampai dengan 10 Maret 2021, penetapan calon tanggal 13 Maret 2021, penyampaian visi misi calon (via video) tanggal 17 Maret 2021, pemungutan suara (daring via google form, http://bit.ly/PILKETOS21_MTsN2PML) 18 Maret 2021, dan pengumuman dan penetapan ketua terpilih tanggal 20 Maret 2021, “jelas Ibnu selaku ketua panitia.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Sumiati mengatakan bahwa Pemilihan Ketua dan Pengurus OSIS sudah menjadi program kerja OSIS yang dilaksanakan pada setiap tahun. “Yang boleh mencalonkan diri menjadi ketua OSIS adalah siswa dari kelas VIII,” ucap Sumiati.

“Pada tahun pelajaran 2021/2020 ini, pemilihan ketua OSIS dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu kita mengadakan pemilihan secara langsung sedangkan tahun ini, di masa new normal kita melaksanakan secara daring pada hari Kamis, 18 Maret 2021 mulai jam 08.00 sampai 23.59 WIB,” terangnya.

Nursidik yang pada tahun pelajaran 2020/2021 mendapat tugas tambahan sebagai Pembina OSIS mengatakan saat ini sudah memasuki tahap kelima yaitu perhitungan suara yang masuk melalui Google Form dari 1039 anak. “Kami menargetkan ada 80 % suara yang mengikuti pemilihan ini, jadi dipastikan kegiatan PILKETOS melalu daring dianggap berhasil,” katanya. (utg/fi/rf)