Musta’in: Moderasi Beragama Mengajak Kutub-Kutub yang Berlebihanan Kembali ke Tengah

Semarang – Moderasi beragama yang menjadi inti kehidupan beragama di masyarakat, disambut baik oleh Sekertariat Jenderal Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag RI. Dengan mengadakan Rapat Koordinasi Moderasi Beragama Forum Kerukunan Umat Beragama Regional Tengah, Tahun 2021. Bertempat di Aston Inn hotel, Jl. Pandanaran Semarang -Jawa Tengah, dan berlangsung selama 3 hari kedepan, 22 – 24 Maret 2021.

Pembukaan malam hari ini dihadiri oleh Sekjen Kemenag RI, Prof. H. Nizar Ali. Selain tentunya Kepala PKUB, H. Nifasri yang hadir bersama Kabid Bina Lembaga Kerukunan Agama dan Lembaga Keagamaan, Cecep Khairul Anwar. Sedangkan para peserta yang hadir merupakan para ketua FKUB Provinsi dan Kab/Kota Regional Tengah (Jateng, DIY, NTT, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Kalimantan Utara).

Sebagai tuan rumah kegiatan nasional ini, Kakanwil Kemenag Jateng, Musta'in Ahmad, hadir untuk memberikan apresiasi kepada Ketua FKUB dan para tokoh lintas agama untuk bersinergi membangun kerukunan umat melalui penguatan moderasi beragama.

“Moderasi beragama oleh Kementerian Agama mulai didengungkan sejak 6 tahun belakangan, dalam merespon dinamika zaman di tengah maraknya intoleransi, ekstrimisme dan fanatisme berlebihan yang bisa mencabik kerukunan umat beragama di Indonesia. Di sinilah pentingnya Moderasi Beragama, untuk mengajak kutub-kutub yang berlebihanan kembali ke tengah,” papar Musta'in.

“Mari bersama mengucap Bismillah,” ucap Prof. Nizar membuka Rakor Moderasi Beragama ini, diikuti para peserta yang tetap mengedepankan prokes, mamakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.(Sua/Sua)