Penyuluh Kemenag Pati Dibekali Wawasan Kebangsaan

Pati – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Penyuluh Agama Islam dengan menghadirkan narasumber dari Kodim Pati serta Polres Pati, bertempat di aula kantor setempat, Selasa pagi (30/3/2021).

Kegiatan yang bertujuan untuk membekali tenaga penyuluh agama islam terkait dengan materi wawasan kebangsaan ini diikuti oleh sebanyak 36 peserta yang terdiri dari 14 orang Penyuluh PNS dan 22 orang Penyuluh Non PNS.

Membuka secara resmi acara tersebut, Kepala Kemenag Kabupaten Pati Ali Arifin berujar bahwa wawasan kebangsaan sangat penting untuk dipahami dan untuk dilaksanakan baik di tempat tugas atau di lingkungan masyarakat.

“Mari kita ikuti kegiatan ini dengan penuh hikmad karena manfatnya banyak sekali untuk pribadi kita demi menjaga Negara Kita ini dengan semangat yang tinggi sesuai dengan empat Pilar Konsensus yang harus kita ingat betul dan kita jaga, jangan sampai kita keluar dari itu,”Ujarnya.

Sementara saat dimintai keterangan oleh Humas disela kegiatan, Kasi Bimas Islam Kemenag Pati, Moh. Alimin mengatakan kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk menguatkan paham moderat, tidak kaku serta terbuka kepada sesuatu yang baru.

“Intinya kegiatan ini untuk membekali para penyuluh agama islam di Kabupaten Pati sebanyak 176. Masing-masing KUA terdapat delapan penyuluh,” ungkap Alimin.

Menurutnya, sosialisasi wawasan kebangsaan bagi penyuluh agama islam ini, ada kaitannya dengan kegiatan pekan kemarin, yakni terkait moderasi beragama. Bahwa sebelumnya, mereka dibekali dengan materi moderasi dalam beragama.

Sebab, lanjutnya melalui penyuluh tersebut upaya yang dilakukan oleh paham-paham intoleran bisa dideteksi. Pihaknya mengatakan mengapa mengusung tema-tema ini, karena ini yang berkaitan tentang bagaimana menghindari, menghilangkan sikap intoleran, radikalisme apalagi terorisme.

“Kalau tema pekan kemarin, terkait moderasi beragama. Dan sekarang kita sasar, kuatkan lagi pada wawasan kebangsaan,” ujar Alimin.

Lanjutnya, supaya nanti materi yang diterima tersebut akan dibawa penyuluh ke majlis ta’lim binaaan di masing-masing wilayah kerja mereka. Juga menguatkan terkait wawasan kebangsaan juga moderasi beragama hingga ke akar rumput elemen masyarakat.

Dari pantauan Humas, kegiatan yang dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB ini berjalan lancar dan para peserta terlihat antusias menyimak materi demi materi yang disuguhkan. (at/qq)