Siswa dan Guru MTsN 1 Pati Borong 13 Medali Tingkat Nasional dalam Sepekan

Pati – Siswa MTsN 1 Pati kembali berhasil meraih prestasi di bidang akademik. Lima ajang perlombaan bergengsi tingkat Nasional yang diikuti 9 siswa berprestasi tersebut diantaranya OBF (Olimpiade Buahati Festival), Olimpiade IPA Lopi (Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia), POSI Got Talent, MOC (Madrasah OlympiadContest) dan MSC (Madrasah ScienceCompetition) yang berlangsung pada 21 – 24 dan 28 Februari lalu.

Tiga belas medali berhasil diborong oleh Sembilan siswa terdiri dari 4 emas, 3 perak, dan 6 perunggu. Adalah Nur Halimah peraih medali Perunggu OBF Bidang MTK dan Windi Aulia peraih emas, Olimpiade IPA Lopi. Sementara pada ajangPOSI Got Talent, Eva Naya Maulida (Emas, IPA), Qeis Rashidan Faozal (Emas, MTK), Nella Cahya Mustika (Perak, IPS), dan Septiandro Surya Dewangga (Perak, IPA), sedangkan untuk guru medali perunggu bidang IPS berhasil di sabet oleh Purwanto. Dalam ajang MOC edisi 1.0 siswa yang meraih medali diantaranya Ahmad Rifai Ikhsanudin (Emas, IPS), Nasywa Agista A.N (Perak, IPS) dan Qeis RashidanFaozal (Perunggu, MTK). Sedangkan dalam MSC 2021, empat anak meraih medali perunggu, Ahmad Rifai Ikhsanudin, Eva Naya Maulida, dan Vinanda Virayya bidang IPS serta Septiandro Surya Dewangga bidang IPA.

Salah satu siswa peraih emas, Windi Aulia mengungkapkan rasa syukur dan senang berkesempatan mengikuti ajang kompetisi karena bisa menambah pengetahuan dan pengalaman. Hal tersebut juga dijadikan sebagai peluang bagi dirinya untuk bisa melanjutkan ke sekolah favorit yang diinginkan. “Alhamdulillah sangat bersyukur sekali, ini merupakan kompetisi dan medali pertama bagi saya,” kata Windi.

Siswi yang sekarang duduk dibangku kelas 9 ini mengaku selalu melakukan latihan-latihan soal dari internet dan les untuk menghadapi kompetisi perdananya kemarin. “Semoga kedepannya saya bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Selama empat tahun terakhir,MTsN 1 Pati merupakan salah satu madrasah yang konsekuen melahirkan prestator muda baik di bidang akademik maupun non akademik. Madrasah berbasis riset ini memiliki wadah bagi para siswa yang ingin mengembangkan bakat dan minat dengan memberikan fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran maupun kegiatan yang lainnya.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak terutama siswa MTsN 1 Pati yang selalu mengharumkan nama madrasah di kancah Nasional. “Selamat dan terimakasih kepada anak-anakku, para orangtua, dan guru pembimbing atas perjuangannya. Alhamdulillah, tiada hari tanpa prestasi. Sekecil apapun adalah prestasi maka patut disyukuri,” ujarnya. Ia pun berharap dengan lahirnya para pejuang prestasi ini dapat memacu semangat siswa yang lain untuk berkompetisi dan meraih banyak prestasi lagi sehingga bisa mewujudkan MTsN 1 Pati sebagai madrasah yang unggul dan mendunia. (TiM/at/qq)