Siswa MTsN 1 Pati Sabet Juara I Lomba Mapel IPA

Pati – Eva Naya Maulida siswa kelas VIII MTsN 1 Pati berhasil meraih juara I di ajang Lomba Mapel IPA, Senin (8/3). Lomba yang digelar di SMPN 3 Pati ini diselenggarakan oleh MGMP IPA SMP/MTs Kabupaten Pati yang diikuti oleh 591 siswa terpilih dari masing-masing SMP/MTs.

Eva sapaan akrabnya, merasa bersyukur atas gelar juara yang ia peroleh. “Alhamdulillah tanpa Allah saya tidak bisa mencapai posisi ini, dan atas izin-Nya saya bisa membuat bangga kedua orang tua,” katanya. Eva mengaku, setiap menghadapi even lomba, ia selalu mempersiapkan dengan matang. “Bagi saya, usaha (belajar) tanpa doa tidaklah sempurna. Jadi, keduanya harus seimbang,” imbuhnya.

Anak dari pasangan Suwarti dan Suwarlan ini menuturkan, motivasi dirinya untuk terus berprestasi adalah ingin membanggakan kedua orang tuanya. Selain itu, ia juga ingin membawa nama baik keluarga dan madrasah, “Saya berharap di even perlombaan selanjutnya, saya dan teman-teman tim olim maupun yang lainnya bisa menunjukkan yang terbaik, karena hasil tidak pernah menghianati usaha,” harap Eva. Dalam menghadapi even lomba kali ini, Eva ada sedikit kendala dan harus membuat keputusan, pasalnya pelaksaan lomba yang bersamaan dengan Penilaian Harian Bersama (PHB) membuat dia harus bisa mengatur waktu.

Sementara itu, guru pendamping sekaligus pembimbing mapel IPA, Farida Nurun Najah menyatakan hal serupa. “Sejak hari Sabtu selesai PHB anak-anak memang difokuskan pada lomba, jadi mereka harus pintar membagi waktu dan tetap punya prioritas mana yang harus didahulukan,” ujarnya. MTsN 1 Pati sendiri mengirimkan 6 perwakilan siswanya untuk mengikuti ajang perlombaan tersebut dengan masing-masing jenjang terdiri dari dua siswa. Farida menjelaskan, setelah mengikuti babak penyisihan via zoom dan aplikasi ujianku pada Minggu (7/3) kemarin, dua siswa berhasil masuk babak final yang digelar secara luring.

“Alhamdulillah, anak-anak ini memang punya semangat, antusiasme, dan optimis yang tinggi, yang akhirnya bisa mengantarkan satu dari mereka meraih juara,” kata Farida. Ia berharap, siswa-siswi MTsN 1 Pati tetap dan selalu memiliki semangat untuk berprestasi. “Ketika lelah, ingatlah prinsip bahwa dengan niat mencari ilmu, Insya Allah akan mendapat keberkahan dalam hidup,” tambahnya.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak mengucapkan syukur sekaligus ungkapan rasa terima kasih terutama kepada para siswa dan guru pembimbing serta para guru yang telah mendoakan. Ia juga berpesan kepada seluruh siswa MTsN 1 Pati agar tetap menjalankan kewajiban dan tugas sebagai seorang pelajar meskipun dalam kondisi seperti saat ini. “Yang lebih penting adalah bagaimana bisa mempertahankan (belajarnya), lebih bagus lagi jika ditingkatkan. Semoga prestasi hari ini, mbarokahi untuk madrasah tercinta,” ujar Syafak. (TiM/at/qq)