Tim Robotik MAN 1 Grobogan Meraih Bronze Medal di Kontes Robot Nusantara (KRON) 2021

Grobogan – Tim robotik MA Negeri 1 Grobogan berhasil meraih bronze medal kategori CREATIVE MRT (SENIOR) pada Kontes Robot Nusantara (KRON) tahun ke- 7. Di tengah pandemi Covid-19, Kegiatan ini digelar secara daring melalui konferensi video, Minggu, 14 Maret 2021.

Pada kontes ini tim ROMANSA menampilkan robot kincir air. Robot kincir air ini bisa menghasilkan listrik untuk traffic light dan lampu jalan.

Tim ROMANSA yang beranggotakan Nilam Dwi A’idah F (X MIPA 2), Hanif Fikri Irfansyah (X MIPA 2) dan Puput Agustin (X MIPA 5) bersama pembinanya, Arif Rochman Widayat dan Ali Sodikin tidak menyangka bahwa penampilan perdana mengikuti lomba robotik terus berhasil meraih juara.

Salah satu anggota tim, Nilam, mengatakan senang sekali mengikuti kontes ini. Dia juga mengaku meskipun secara daring, dia bersama timnya tetap merasa deg-degan saat presentasi.

Arif Rochman selaku pembina tim ROMANSA menjelaskan acara ini merupakan pengalaman yang berharga. “Kami (tim ROMANSA) baru pertama ini mengikuti kontes robotik, tentu pengalaman ini sangat berharga,” ucap Arif Rochman.

Hal senada juga disampaikan oleh Ali, bahwa dari kontes ini memberikan pengalaman berharga di bidang teknologi robotika bagi anggota tim ROMANSA. “Kami bersyukur bisa meraih medali di tampilan perdana kami, namun dari sini kami juga banyak belajar dari tim-tim lainnya untuk meningkatkan performa tim robot kami, sehingga ke depannya bisa meraih lebih banyak lagi prestasi di bidang robotik,” imbuh Ali.

Suprapto, selaku kepala madrasah mengapresiasi peserta dan pembina tim robotik MA Negeri 1 Grobogan. “Ini capaian awal yang luar biasa mengingat robotik merupakan program ektrakurikuler baru di MA Negeri 1 Grobogan. Tim ini harus terus mengasah diri dan berkembang agar mampu meraih prestasi, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional sehingga terwujud madrasah hebat, bermartabat dan mendunia,” harap Suprapto.

Kakankemenag Kabupaten Grobogan, Imron Rosyidi dalam sambutannya menyampaikan selamat apresiasi yang tinggi kepada para siswa yang telah berprestasi dan para pembimbingnya yang telah mengharumkan nama baik madrasah, serta berharap capaian ini menjadi penyemangat dan pelecut siswa lainnya untuk berprestasi pada bidang lomba lainnya.

“Saya sampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada siswa yang berprestasi, juga pembimbingnya, yang mengharumkan nama baik madrasah, baik di tingkat provinsi maupun nasional, dan semoga juga bisa menuju Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat,” ucap Imron.(Yn-bd/Sua)