UPZ Kankemenag Demak Serahkan Bantuan Korban Bencana Angin Puting Beliung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang sedang ditimpa bencana alam, UPZ Kankemenag Kab Demak kemarin, Kamis (04/03/2021) menyerahkan bantuan kepada salah seorang korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Mranggen Kab. Demak.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Kankemenag Kab. Demak, H. Ahamad Muhtadi selaku penasehat UPZ  kepada Sunoto (53). Penyerahan disaksikan oleh ketua UPZ, H. Ali Sugiyanto dan  sekretarisnya, H. Sujati.    

Sebelum penyerahan, H. Ahmad Muhtadi beserta rombongan berkesempatan melihat-lihat kondisi rumah korban untuk mengetahui seberapa besar dampak yang ditimbulakan.

Sambil menujukkan ke sisi-sisi rumahnya yang terkena, Sunoto bercerita “Tiba-tiba angin datang sangat kencang dan muter-muter. Waktu itu kondisi mendung tebal  dan gerimis. Suara bergemuruh dibarengi suara  atap rumah pada pecah terpental dari tempatnya. Kemudian kami keluar karena takut kalau kejatuhan,” katanya. Setelah di luar ternyata tetangga-tetangga kami juga suda pada diluar rumah. Saking takutnya kami baca istigfar, takbir dan doa sebisanya,” imbuhnya dengan raut wajah yang masih menyisakan rasa takut.

Usai berkeliling di seputar rumah, Kepala Kantor memberikan bantuannya sambil menyampaikan harapan dan nasehatnya.

“Ini ada bantuan dari UPZ Kankemenag Demak. Walaupun nilainya tidak seberapa, mudah-mudahan bisa membantu meringankan,” ucapnya. “Dan tetap sabar, mungkin ini peringatan Allah untuk njenengan dan juga untuk saya.  Kalu Tuhan sudah berkehandak ternyata tidak butuh waktu lama, tidak lebih dari 10 menit,” nasehatnya menguatkan.

Atas bantuan yang telah diberikan, Sunoto yang kebetulan sebagai Guru MIN 3 Demak itu mengucapkan banyak terimaksih. Dan balas mendoakan mudah-mudahan selalu diberi keselamatan dan kesehatan.

Sementara itu pada kesempatan yang lain H. Ali Sugiyanto menjelaskan bahwa pemberian bantuan UPZ Kankemenag Kabupaten Demak juga diberikan kepada warga masyarakat korban bencana banjir. “Kami beberapa hari sebelumnya juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada 63 orang korban bencana banjir di wilayah Kecamatan Sayung. Penyerahannya dilakukan oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag Demak,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa memberikan bantuan untuk masyarakat korban bencana alam adalah program tetap dari UPZ Kankemenag Kab. Demak. Namun sifatnya insidental ketika ada korban bencana alam saja. ms/qq