ASN Kemenag Pati Tadarus Al-Quran Sebelum Laksanakan Kegiatan

Pati – Lantunan Ayat – ayat Suci Al-Quran terdengar jelas menghiasi suasana Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, begitu indah dan merdu memenuhi seluruh ruangan yang ada. Sungguh begitu mulia bulan Ramadhan mampu menuntun dan menggerakkan hati manusia untuk meningkatkan ibadah.

Sebelum pelaksanaan aktivitas pekerjaan di bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Kemenag Kab. Pati melaksanakan tadarus Al-Quran bersama di ruangannya masing-masing dan kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jam kerja setelah pelaksanaan Apel pagi bersama selama bulan Ramadhan tahun ini atas instruksi Kepala Kantor Kemenag tentang tadarus Al-Quran.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Ali Arifin mengungkapkan, tadarus Al-Quran ini merupakan salah satu program bidang keagamaan dan setiap pegawai kantor ini yang beragama islam wajib membaca Ayat Suci Al-Quran secara bergantian.

''Pelaksanaan tadarus Al-Quran selama 1/2 jam sebelum melaksanaan kegiatan pekerjaanya, mudah-mudahan apa yang diawali dengan kebaikan akan mendapatkan kebaikan juga,'' ungkap Ali Arifin di ruang kerjanya, Rabu (14/4/2021).

Ali menambahkan dalam melaksanakan tadarus Al-Quran ini setiap pegawai diharuskan mengaji sekitar sepuluh ayat. ''Hal ini untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kitab suci Al-Quran sebagai pegangan dan tuntunan dalam kehidupan sehari hari,'' jelasnya.

Di akhir penjelasannya, Ali Arifin menyampaikan bahwa dalam rangka syi'ar Ramadhan 1442 H ini, Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui seksi Bimas Islam juga menghimbau kepada seluruh jajaran/satker dibawah naungan Kemenag untuk melaksanakan kegiatan Tadarus Al-Quran setiap hari bagi ASN dan pegawai selama bulan Ramadhan.

Sementara Athi’ Mufida, Humas Kemenag Pati menuturkan bahwa dirinya beserta ASN lainnya selama bulan ramadhan ini begitu semangat untuk beribadah. Terlebih dengan adanya program tadarus Al-Quran yang di gulirkan oleh Kepala Kemenag. “Saya dan teman-teman ASN di sini sangat termotivasi untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan ibadah,” ujarnya.

Saya dan seluruh ASN Kemenag Pati berharap selama bulan Ramadhan ini kita bisa khatam Al-Quran dan semoga kegiatan yang kita laksanakan ini dapat menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT amiin ya rabbal 'alamin,” tutup Athi’. (at/qq)