Guru MAN Pemalang Ikuti Diseminasi Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia

Pemalang – Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar yang bertujuan untuk merangsang pikiran dan perhatian sehingga mempermudah siswa memahami materi. Salah satu alat bantu pembelajaran adalah multimedia, yang menggabungkan dua unsur atau lebih. Unsur-unsur tersebut antara lain teks, grafis, gambar, audio, foto maupun animasi.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Pengawas Madrasah Aliyah, Dhiah Sefriana mengimbaskan hasil diklat PDWK (Pelatihan di Wilayah Kerja) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di MAN Pemalang pada hari Kamis (8/4) bertempat di salah satu ruang kelas dan diikuti oleh 15 guru yang mewakili masing-masing mata pelajaran.

Kegiatan PDWK Media Pembelajaran Berbasis Multimedia sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 22 Maret hingga 3 April 2021 secara in-on the job training bertempat di Aula Kantor Kemenag Pemalang yang diikuti oleh 40 peserta.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Fahrur Rozi meminta kepada peserta pelatihan untuk mendiseminasikan ilmu yang diperoleh.

“Peserta sekalian adalah guru yang terpilih dari sekian banyak guru yang belum memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Saya harap ilmu yang diperoleh bisa diimplementasikan dan diseminasikan kepada guru-guru lainnya, sehingga ilmunya akan lebih bermanfaat,” katanya.

Dari MAN Pemalang yang mengikuti pelatihan adalah Nopiyanto dan Danang Tri Atmojo.  Kedua peserta diklat tersebut menularkan atau mengimbaskan ilmu yang diperoleh selama pelatihan lewat diseminasi. 
Diseminasi sendiri suatu proses interaktif dalam penyampaian inovasi, yang pada akhirnya dapat mengubah pola pikir dan tindakan orang yang terlibat. Sehingga, diseminasi bisa diartikan sebagai interaksi yang bisa membawa suatu inovasi.

Dalam kesempatan tersebut peserta diseminasi  setelah mendapatkan penjelasan tentang aplikasi Kine Master langsung mempraktikannya dengan antusias. Hasil praktik pembuatan video pembelajaran yang telah dibuat peserta diseminasi diteruskan ke WhatsApp grup guru MAN Pemalang untuk memotivasi guru-guru lain dalam berinovasi media pembelajaran. (sp/fi/rf)