Jalin Kerjasama dan Silaturahmi, Penyuluh Agama Islam Kunjungi Polsek

Batang – Dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan dan menumbuh kembangkan jaringan lintas sektoral, Kepala KUA Kecamatan Gringsing beserta Penyuluh Agama Islam Kec Gringsing bersilaturahmi ke Polsek Gringsing kemaren Selasa, ( 06/03) kemaren. Rombongan dari KUA Kec.Gringsing diterima dengan hangat oleh Kepolisian selaku tuan rumah dan dipersilakan untuk menunggu karena pada saat rombongan tiba Pak Kapolsek masih ada zoom meeting yang belum selesai.

Mengawali pembicaraannya, Kepala KUA Kec.Gringsing H. Jaenudin menyampaikan bahwa maksud dan tujuannya silaturahmi kekepolisian tidak lain dan tidak bukan adalah untuk sosialisasi surat edaran dan juga menjalin kerjasama dengan kepolisian sebagai mitra kerja dalam pelayanan masyarakat.  

“Kedatangan saya bersama para Penyuluh Agama Islam, adalah untuk bersilaturahmi sekaligus ingin berkoordinasi berkaitan dengan Surat Edaran dari Menteri Agama Nomer 3 tahun 2021 tentang penduan Ibadah dibulan Ramadhan dan Idulfitri tahun,“ kata H. Jaenudin.

Dia juga mengatakan bahwa Surat Edaran ini bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protocol kesehatan, sekaligus untuk mencegah,  mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari resiko Covid- 19.

“Surat Edaran yang telah ditandatangani oleh Menteri Agama itu juga telah mencakup kegiatan ibadah yang disyariatkan dalam bulan ramadhan dan dilakukan bersama- sama atau melibatkan banyak orang diantaranya buka bersama, sahur bersama, tarawih dan peribadatan lainnya dengan dibatasi jumlah kehadiran paling banyak 50?ri kapasitas ruangan dengan tujuan untuk menghindari kerumunan,“ tambahnya.

Selanjutnya dia juga menyampaikan bahwa saat ini sudah kedua kalinya di tahun 2021 pihaknya  mengadakan kegiatan lintas sektoral, setelah sebelumnya sekira 2 bulan yang lalu mengadakan kegiatan pembagian makan siang kepada orang yang membutuhkan di wilayah Kecamatan Gringsing dengan menggandeng Polsek. Kedepannya kami berharap antara KUA dan Polsek bias berjalan berirama dalam membina.

Kapolsek Kec.  Gringsing Andi Fajar, dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang digagas oleh KUA Kecamatan Gringsing dengan Polsek, karena menurtnya ini sangat diperlukan saat-saat seperti ini, sebagaimana kita ketahui bahwa polsek sering kali kena terror dari seseorang yang mengatas namakan agama.

“Saya mengutuk keras aksi teroris mengatas nama apapun, berita aktual yang menimpa Kepolisian oleh tindakan masyarakat yang menyerang aparat secara membabi buta adalah dampak dari doktrinasi aliran radikalisme yang dilakukan oleh sebagian orang dalam menciptakan kegaduhan,“ kata Andi Fajar.

Untuk itu dia berharap dengan adanya kegiatan lintas sektoral seperti ini nantinya ada kerja sama antara Polsek dan KUA terutama Penyuluh Agama Islam bidang Radikalisme dan Aliran sempalan dalam pembinaan kepada masyarakat.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Gringsing  Susahlit Danang Prakoso menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi pada semua penyuluh Agama Islam di KUA Gringsing atas kegiatan yang sudah dilakukan.

“ Saya baru di jajaran KUA Gringsing maka akan ikut menyesuaikan dan ikut serta apa yang sudah menjadi program kerja KUA Kecamatan Gringsing maupun program kerja Penyuluh Agama Islam, apalagi kegiatan yang berkaitan dengan lintas sektoral seperti hari ini,“ kata Susahlit . (Danang/Zy/qq)