Meraih Taqwa di Bulan Ramadhan

Kota Magelang. Pemerintah Kota Magelang, Selasa (13/04) menggelar acara buka bersama di Pendopo Pengabdian. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 WIB itu baru berakhir setelah Walikota Magelang menutup acara pada jam 20.30 WIB. Sembari menutup Muchamad Nur Aziz mengingatkan agar menjalankan puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ketaqwaan. Beliau juga menyampaikan bahwa di tahun ini Pemkot Magelang tidak melaksanakan kegiatan Tarling mengingat masih dalam suasana pandemi covid 19.

Selain buka bersama, rangkaian acara lainnya yaitu sholat Magrib, Isya dan Sholat Tarowih berjama’ah, terlaksana dengan tertib dan hikmat. Hadir dalam acara itu Muspida, Forpimda, Kepala Dinas, Camat, Lurah serta tokoh agama dan masyarakat di Kota Magelang. Menghadiri pula perwakilan dari ormas Islam, Baznas, dan pengurus TPQ yang memperoleh bantuan operasional dari Walikota Magelang untuk menopang proses belajar mengajarnya.

Membuka acara, Wakil Walikota Magelang mengucapkan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada tamu undangan yang telah menghadiri acara ini. Wakil Walikota Magelang juga berpesan agar dapat memanfaatkan momentum Ramadhan sebagai upaya untuk lebih bisa mengendalikan diri, meningkatkan hablumminalloh dan hablumminannas, serta tetap mengedepankan tolereansi dalam beragama. Dikesempatan itu disampaikan pula mengenai  program kampung religi di kelurahan Wates yang sedang di canangkan kemaren.

“Kita semua harus bahu membahu mewujudkan masyarakat Kota Magelang yang religius. Keteladanan dari para pejabat, tokoh agama dan tokoh masyarakat menjadi kata kunci untuk mewujudkannya. Masyarakat religius adalah masyarakat yang tidak hanya taat beribadah kepada Tuhannya saja, akan tetapi juga taat kepada ulil amri-nya, dan juga berperilaku moderat dalam mengaplikasikan ajaran agamanya masing-masing” Ucap KH Mansyur dalam sambutannya.  Setelah membuka acara, Wakil Walikota Magelang yang juga seorang Kyai itu menjadi imam ketika pelaksanaan jama’ah sholat magrib, isya dan tarawih.

Kapala Kankemenag Kota Magelang, Sofia Nur  yang juga hadir dalam  acara itu mengatakan “Sebagai intitusi yang berfungsi di bidang keagamaan, Kementerian Agama Kota Magelang akan berpartisipasi aktif mendukung mempercepat capaian misi Pemerintah Kota Magelang dalam mewujudkan masyarakat yang relijius, berbudaya, beradab, toleran, berlandaskan iman dan taqwa.” Ungkap Sofia. (Wahono)