Pelatihan Pembuatan Kue Bekal Ketrampilan Anggota DWP

Grobogan – Sebagai upaya program peningkatan pemberdayaan masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan melalui Penyelenggara Syariah menggelar pelatihan pembuatan aneka kue di Rumah Kreatif Kab.Grobogan. Pelatihan yang diikuti oleh 20 orang peserta anggota DWP Kemenag Grobogan, Kamis (08/04/2021).

Menurut Ketua Panitia, Ali Muhtarom yang juga sebagai Penyelenggara Syariah mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Penyelenggara Syariah dalam rangka membina dan melatih DWP lingkup Kemenag yang tergabung dalam DWP guna menambah keterampilan dan ilmu. Serta untuk membekali ibu-ibu DWP Kemenag Grobogan dengan ketrampilan praktis dan pengetahuan umum guna memajukan ekonomi masyarakat pada umumnya dan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota DWP.

“Ibu-ibu yang menjadi anggota DWP di sini rata-rata sudah akrab dengan berbagai macam kue, untuk itu harus dilengkapi dengan keahlian membuat aneka kue agar tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri. Syukur-syukur, ibu-ibu yang bergabung menjadi anggota DWP Kemenag Grobogan bisa berkreasi membuat aneka kue untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga dan anggota DWP,” ujar Ali.

Sementara itu, Ketua DWP Kemenag Grobogan, Siti Solekah Imron mengingatkan pentingnya kreatif dan inovatif dalam mengelola dan menatalaksanakan anggota DWP Kemenag Grobogan dengan baik. Dengan adanya Dharma Wanita Persatuan sebagai wadah untuk berkumpul serta tempat menimba ilmu, Ibu-Ibu harus pandai-pandai mengisi waktu luang dan gunakan waktu yang ada untuk hal-hal positif seperti pembuatan kue ataupun makanan yang lain.

“Program ini bersumber dari zakat para ASN yang dipotong gaji maupun tunjangan 2,5 persen untuk ditasyarupkan ke 8 asnaf maupun pelatihan-pelatihan diantaranya pelatihan pembuatan bermacam kue yang tujuannya untuk membantu meningkatkan anggota DWP Kemenag Grobogan dan perekonomian keluarga. Sehingga anggota DWP yang didominan oleh ibu-ibu harus pandai-pandai mengisi waktu luang dan gunakan waktu yang ada untuk hal-hal positif seperti pembuatan kue dan harus kreatif, berinovatif dalam mengelola dan menatalaksanakan DWP Kemenag Grobogan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua DWP Kemenag Grobogan mengatakan bahwa program ini diajari cara pembuatan aneka macam kue kering dan basah, mereka dipandu oleh team kreatif dari Ibu-ibu rumah Kreatif milik Pemerintah Daerah Kab.Grobogan yang sudah terlatih.

“Tujuan dengan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal ketrampilan kepada anggota DWP Kemenag Grobogan khususnya bagi yang hadir  dalam pertemuan DWP Kemenag Grobogan untuk pembuatan kue, yang harapannya setelah diberikan pelatihan ini peserta dapat mempraktekkan di rumah masing-masing dan mengembangkannya sebagai usaha rumahan untuk menambah penghasilan dan tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan anggota DWP Kemenag Grobogan,” pintanya.(bd/Sua)