Perkuat Pengendalian Intern, Kemenag Pati Gelar Sosialisasi SPIP dan Pengenalan Aplikasi SIMPI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Ikhtiar reformasi birokrasi di Lingkungan Kementerian Agama terus berlangsung. Salah satunya dengan di sosialisasikannya aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengendalian Intern (SIMPI) oleh kantor Kemenag Kab. Pati yang dilaksanakan di aula MAN 1 Pati, Jum’at (9/4/2021).

Kegiatan ini menghadirkan dua orang nara sumber yakni Kasubbag bersama Analis Organisasi dan Tata Laksana pada Subbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Jateng, serta diikuti oleh 40 peserta yang tergabung dalam tim Zona Integritas Kemenag Pati.

“SPIP bertujuan memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas, efisiensi pada pencapaian tujuan penyelenggaraan negara, laporan keandalan, pengamanan aset negara, dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan,” jelas Nurkholis, Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Jateng dihadapan tim Zona Integritas Kemenag Pati.

Nurkholis menyampaikan pentingnya SPIP dalam rangka terciptanya proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan-undangan.

Dalam menerapkan SPIP, kata Nurkholis, ada lima unsur perspektif yang harus diterapkan, yaitu: unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta unsur pemantauan.

“Yang paling penting terpantaunya seluruh proses sistem pengandalian intern pada Kemenag secara berkala, dan terlaporkannya pelaksanaan sistem pengendalian intern pada Kemenag tepat waktu dengan Sistem Informasi Manajemen Pengendalian Intern (SIMPI) Kemenag” harapnya.

Sementara, Kepala Kemenag Pati Ali Arifin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Jateng.

“Semoga setelah disosialisasikannya Aplikasi SIMPI hari ini, dapat diterapkan pada Satuan Kerja di lingkungan Kemenag Pati dalam rangka meningkatkan pengendalian pada Kementerian Agama,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati.

Dari pantauan Humas, peserta sosialisasi tampak serius menyimak tata cara pengisian aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengendalian Intern (SIMPI) yang pada kesempatan itu dipraktekkan langsung oleh Abdul Hamid, analis organisasi dan tata laksana pada subbag ortala dan KUB Kanwil Kemenag Jateng, (at/qq)