Tim Rukyatul Hilal Lakukan Survai Tempat Kegiatan

Batang – Untuk mempersiapkan tempat dan peralatan kegiatan rukyatul hilal menjelang puasa, tim rukyat bersama ormas keagamaan di Kabupaten Batang pada Jumat, ( 09/04 ) melakukan survai tempat di pantai Ujung Negoro Kandeman dan Pelabuhan Batang. Tim dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag, Kasi Bimas Islam dan dari Pengadilan Agama Batang.

Kepala Seksi Bimas Islam H. Sodikin dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin (12/04) yang akan datang, maka hari ini kita memastikan tempat dan peralatannya.

“Tahun ini kita akan melakukan rukyatul hilal awal Ramadan maupun awal Idul Fitri, peralatan sudah kita siapkan dan sudah membetuk tim yang terdiri dari ASN yang memiliki kemampuan, Pengadilan Agama, Pemda Batang juga seluruh ormas Keagamaan yang ada,“ kata H. Sodikin.

Dia juga menambahkan bahwa hari ini kita survai tempat yang kira-kira bisa digunakan kegiatan itu senin kedepan.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho dalam keterangannya menyatakan bahwa dirinya baru kali ini mengikuti rukyatul hilal di Batang, karena sebelumnya masih ikut ditempat lain.

“Baru kali ini di Batang saya ikut Rukyatul Hilal, maka secara langsung saya akan pantau persiapan dan pelaksanaan kegiatannya,“ kata H.M. Aqsho.

Dia Juga menegaskan bahwa usaha melakukan survai ini sangat penting untuk menentukan tempat yang paling pas untuk melakukan kegiatan itu.

“Senin yang akan datang pelaksanaan kegiatan itu, tapi hari ini melakukan survai ini sangat penting karena kita akan mengetahui secara langsung tempat-tempat yang mungkin pas untuk melakukan kegiatan itu karena tidak semua tempat dapat untuk rukyatul hilal, tempat yang dipilih adalah tempat yang dapat dengan leluasa meneropong dengan alat teropong kearah kiblat untuk memantau pergerakan matahari tenggelam secara sempurna, dan munculnya hilal pada saat yang sama,“ pungkasnya. (Zy/qq)