Upaya Penyuluh Polokarto Menggerakkan Takmir Masjid dan Jamaah untuk Menjaga Kebersihan Masjid

Sukoharjo – Menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1442 H, Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam FKPAI (Forum Komunikasi penyuluh Agama Islam) Kecamatan Polokarto mengadakan program GPM (Gerakan Peduli Masjid). Kegiatan yang dilakukan adalah bersih-bersih masjid yang pada kesempatan kali ini digelar di masjid Al Ghiyar Dk. Jatirejo RT 01 RW 05 Ds. Polokarto Kec. Polokarto pada hari  Jumat (2/4).

Kegiatan ini diawali dengan pemberian bantuan yang berupa alat dan bahan kebersihan diantaranya wipol, super pel, sikat lantai, keranjang sampah dan cikrak . Dilanjutkan dengan mengepel lantai, membersihkan jendela, tempat wudlu dan kamar mandi masjid serta menambahkan dengan pewangi di beberapa bagian dalam masjid.

Sambutan baik diberikan oleh Ketua Takmir Masjid Al Ghiyar, Sarwoto yang mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan yang diadakan oleh penyuluh Agama Islam Kecamatan Polokarto karena telah membantu membersihkan masjid.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan bapak ibu semua, baik bantuan materiil maupun non materiil sehingga masjid kami bisa menjadi bersih.  Semoga menjadi amal jariyah bapak ibu dan kami mohon maaf apabila dalam menerima bapak ibu banyak sekali kekurangan,” jelas Sarwoto.

Ketua Korcam Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Polokarto, Heri Dwi Nugroho mengatakan Gerakan Peduli Masjid ini adalah program kegiatan dakwah yang langsung menyasar kepada umat  dan masyarakat agar lebih mengenal keberadaan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam khususnya di kecamatan Polokarto. “Kami mengajak agar mereka bersama lebih peduli terhadap masjid demi kelangsungan kemakmuran masjid” kata Heri.

Semantara itu Mahbub Humam Author selaku Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Polokarto mengatakan bahwa program kegiatan bersih-bersih masjid ini adalah program GPM pertama yang dilakukan oleh FKPAI Polokarto yang nantinya akan dilanjutkan setiap bulan sekali bergantian di desa-desa yang lain.

“Kegiatan bersih-bersih masjid yang kita lakukan memiliki beberapa tujuan.  Pertama, membuat jamaah kian senang dan tenang, sehingga betah beribadah di masjid karena masjidnya bersih. Kedua, menyemarakkan kebiasaan gotong royong , sehingga persatuan dan kesatuan antar jamaah terbangun saat proses membersihkan masjid bersama-sama berlangsung,” terang Mahbub.

“Harapan kami, kegiatan bersih-bersih masjid yang sudah diinisisasi oleh FKPAI Polokarto ini ke depan bisa berkelanjutan dilakukan secara rutin oleh takmir masjid dan jamaah” imbuhnya lagi.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari Dakhlan selaku Kepala KUA Kecamatan Polokarto. Dikatakannya, kegiatan  bersih-bersih masjid ini adalah salah satu wujud eksistensi bahwa penyuluh Agama Islam hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menggerakkan takmir masjid dan jamaah agar selalu memperhatikan kebersihan masjid.

“Saya mengapresiasi atas kekompakan semua Penyuluh Agama Islam di Polokarto dalam segala kegiatan yang positif termasuk dalam acara bersih-bersih masjid yang dilakukan hari ini. Semoga barokah dan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt,” jelas.(mha/djp/rf).