Wanita Garda Terdepan Pendidikan Anak

Pemalang – Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Fahrur Rozi sekaligus Penasehat DWP Kankemenag mengatakan wanita sangat berperan penting dalam menentukan kesuksesan pendidikan anak. Peran wanita tersebut juga tergambar dalam kisah-kisah Rasul Ulul Azmi. Hal tersebut disampaikannya saat kegiatan pengukuhan pengurus Dharma Wanita Persatuan Kankemenag Kabupaten Pemalang masa bakti 2019-2024 pada hari Jumat (9/4) di aula Kankemenag.

“Nabi Nuh AS, dalam mendidik putranya bisa dikatakan tidak sukses, putranya tidak mengikuti ajaran Nabi Nuh. Karena istri Nabi Nuh tidak taat kepada ajaran suaminya. Yang kedua Nabi Musa AS, dibesarkan oleh Fir'aun. Istri Fir'aun itu wanita yang salehah, sehingga melahirkan didikan yang bagus dan Musa menjadi Rasul,” terangnya.

“Nabi Isa AS, beliau lahir atas izin Allah ditiupkan ruh terhadap Maryam maka muncullah janin di dalam rahim Maryam. Maka lahirlah Isa dari rahim Maryam. Dan yang terakhir Nabi Muhammad SAW ia dididik oleh ibundanya Sayidatina Aminah, bukan oleh ayahanda Abdullah. Jadi kunci sukses pendidikan anak ada di tangan wanita,” lanjutnya.

Pengukuhan pengurus DWP Kankemenag turut dihadiri oleh Penasehat DWP Kabupaten Pemalang, Ketua DWP Kabupaten Pemalang, dan pejabat struktural di lingkungan Kankemenag.

Fahrur mengatakan sebagai pendamping suami, istri berperan besar terhadap kesuksesan suami. Setiap orang akan menjadi pemimpin dan ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Sebagai wanita akan dimintai pertanggungjawabannya terhadap harta yang diperoleh suami. Maka dari itu seorang istri anggota DWP harus menjadi kontrol bagi suami dalam bekerja.

Hal senada diungkapkan oleh Penasehat DWP Kabupaten Pemalang, Santi Rosalia Mansur Hidayat saat memberikan sambutan.

“Perlu saya tegaskan bahwa Dharma Wanita dalam kapasitasnya selaku organisasi para istri Pegawai Negeri Sipil, memiliki peran strategis utamanya dalam mendukung peran suami dalam melaksanakan tugasnya selaku abdi negara dan abdi masyarakat. Seluruh anggota Dharma Wanita diharapkan mampu memberikan penguatan terutama dorongan moral dan spiritual, sehingga para suami mampu menjalankan tugasnya dengan baik, taat pada peraturan, serta mengedepankan profesionalisme,” katanya.

Ia berharap di masa mendatang para anggota DWP Kankemenag untuk meningkatan peran sertanya dalam upaya pemberdayaan masyarakat khususnya pemberdayaan perempuan. Serta memiliki program-program yang produktif dan mencerdaskan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh anggota dan keluarganya.

Selesai memberikan sambutan, Santi Rosalia meresmikan ruang sekretariat DWP Kankemenag yang ditandai dengan pengguntingan untaian bunga. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Fahrur Rozi yang diberikan kepada Ketua DWP Kankemenag, Siti Khalimatus Sa'diyah. (fi/rf)